Ekonomi

Buka Rapimwil Dekopin Wilayah Jateng, Sri Untari Sampaikan Pesan Ini

Minggu, 18 September 2022 - 14:30 | 21.95k
Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin)  Sri Untari Bisowarno saat membuka Rapimwil Dekopin Wilayah Jateng, Sabtu (17/9/2022). (foto: dok Dekopin)
Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin)  Sri Untari Bisowarno saat membuka Rapimwil Dekopin Wilayah Jateng, Sabtu (17/9/2022). (foto: dok Dekopin)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sri Untari Bisowarno meminta jajaran pengurus Dekopinwil Jawa Tengah untuk bisa menjalankan jati diri koperasi sejati-jatinya.

Sri Untari menjelaskan bahwa Jati diri koperasi sejatinya harus ditanamkan dalam benak segenap insan gerakan koperasi sehingga gerakan koperasi Indonesia menjadi garda terdepan dalam menciptakan kesejahteraan  bagi semua anggotanya. 

Advertisement

"Nilai dan prinsip jati diri koperasi ini yang harus teman-teman Dekopinwil pahami. Bagaimana implementasinya, itu kembali lagi manajemen koperasi. Jadi manajemen berdasarkan kepada nilai-nilai koperasi manajemen, seperti yang sudah koperasi saya terapkan, melalui value base cooperative management," ungkap Sri Untari, Sabtu (17/9/2022).

Bertempat di MG Setos Convention Room, Kota Semarang, kepada seluruh jajaran Dekopinwil Jateng yang hadir dalam agenda Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) Sri Untari menjelaskan bahwa perlu berbagai pembenahan agar koperasi dapat kembali menjadi lembaga yang diandalkan oleh masyarakat.

Salah satu fundamen utamanya adalah bagaimana penerapan jati diri koperasi ini benar-benar diimplementasikan secara utuh. Sebab dia memandang, koperasi adalah lembaga yang dimiliki oleh anggota. Sehingga anggota-anggota koperasi inilah yang harus dibekali pemahaman terkait jati diri perkoperasian.

"Kita kompak dan solid untuk memahami visi dari dewan koperasi Indonesia yang kita pegang terutama implementasi dari tiga fungsi Dekopin itu dilakukan, yaitu edukasi, advokasi, dan fasilitasi," jelasnya.

Sri-Untari-Bisowarno-b27480e97bef4324a.jpg

Tentunya, Untari juga meminta Dekopinwil Jawa Tengah bisa memiliki hubungan baik dengan pemerintahan. Sebab sebagaimana tercantum dalam bagian Penjelasan Pasal 33 Ayat 1 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Maka sudah menjadi amanat konstitusi kepada pemerintah selaku eksekutor kebijakan, agar dapat menjadikan juga merancang agar koperasi mampu menjadi lembaga ekonomi yang dapat dipercaya dan diandalkan oleh masyarakat Indonesia.  

Sementara itu Ketua Dekopinwil Jawa Tengah, Andang Wahyu Triyanto mangatakan bahwa dalam kepemimpinannya selama satu periode kedepan, dia akan mengajak seluruh gerakan koperasi di Jateng untuk bisa bergotong-royong bersama.

"Bagaimana kita bergotong royong sebagaimana tercantum dalam lagu Mars Koperasi tadi. Yang kita butuhkan adalah loyalitas, pergerakan apapun kalau kita tidak selesai dengan diri kita sendiri, itu tidak akan selesai segala urusan," tutur Andang Wahyu Trianto.

Secara tegas, Andang menegaskan agar seluruh jajaran Dekopinwil Jawa Tengah mampu mendedikasikan dirinya kepada pemajuan gerakan koperasi. Terutama dalam upaya menjalankan visi dan misi daripada Dekopin.

Harapannya, seluruh gerakan koperasi di Jawa Tengah dapat bersatu dalam satu semangat yang sama. Untuk bisa bergotong-royong memajukan dan membesarkan koperasi, agar cita-cita dari founding fathers Bangsa Indonesia dapat tercapai.

"Bahwa kita mengemban visi besar dan menggenggam misi besar. Sehingga kita betul-betul harus diupayakan dengan segenap tenaga," imbuh Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES