Ekonomi

Lembaga Zakat Petrokimia Berdayakan UMKM Gresik

Kamis, 01 Desember 2022 - 15:02 | 20.74k
Pelaku UMKM Gresik saat berjualan di rombong berkah. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Pelaku UMKM Gresik saat berjualan di rombong berkah. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Sebagai upaya pemulihan ekonomi, lembaga zakat milik PT Petrokimia Gresik memberdayakan UMKM dengan membagikan tempat usaha dinamakan 'Rombong Berkah'.

Secara simbolis rombong berkah diserahkan kepada pelaku UMKM di Kelurahan Sukorame, Kecamatan Kota Gresik pada Kamis (1/12/2022).

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut, Dirut PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, bantuan ini upaya merupakan intruksi Kementerian BUMN RI.

"Ini untuk membantu pemulihan ekonomi nasional, seperti yang digaungkan Kementrian BUMN," katanya.

Dikatakan Dirut Dwi Satrio, ada 32 rombong yang dibagikan kali ini. Rombong berkah berwarna hijau ini digunakan berjualan keliling membantu masyarakat UMKM. Harga rombongnya berkisar Rp3 juta. 

“Membantu masyarakat malui UMKM salah satu yang kami laksanakan UPZ Baznas bagaimana kami bisa memberikan trigger berusaha mandiri dengan bantuan rombong berkah," ujar Dwi. 

Gresik secara total ada 251 rombong berkah yang sudah dibagikan. Pembagian rombong berkah akan terus dilakukan. Tidak berhenti disitu, pihaknya mengajak seluruh stakeholder membantu mengembangkan usaha para penerima rombong berkah.

"Melalui UPZ Baznas Petrokimia Gresik juga melakukan monitoring para penerima rombong berkah," ungkap Dwi Satriyo.

Para pedagang yang berjualan di rombong mayoritas ibu-ibu. Mereka berjualan makanan dan minuman ringan. Seperti Martabak Usus, Takoyaki, jajanan pasar, kemudian nasi pecel hingga sate.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perindustrian Perdagangan Malahatul Fardah mengaku, kolaborasi ini bagus untuk meningkatkan ekonomi UMKM.

Fardah menerangkan, bantuan rombong dan digelarnya Bazar Mitra Rombong Berkah UPZ Baznas Petrokimia Gresik membantu program Nawa Karsa Gema Karya. 

"Binannya Petrokimia luar biasa, sektor UMKM berkembang saat pandemi kemarin hingga saat ini," kata dia.

Bupati Gresik, kata Fardah akan memberikan kemudahan dan pendampingan untuk pengurusan legalitas usaha agar mudah mendapatkan modal.

"Kalau sudah punya NIB, nanti akan mudah mendapa yg kan akses permodalan, akan kami kawal nanti dan ini bentuk kolaborasi pemerintah dan swasta," imbuhnya.

Petrokimia Raih Prestasi Karena Peduli UMKM

Petrokimia-Gresik-UMKM-2.jpgPelaku UMKM Gresik saat dibantu rombong oleh PT Petrokimia Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

Dilansir dari kompas.com, International Council for Small Business (ICSB) Indonesia menyebut, 17 perusahaan paling berkontribusi bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia salah satunya PT Petrokimia Gresik.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, pihaknya menyadari bahwa UMKM merupakan pilar ekonomi di Indonesia.

Dengan data Kementerian Koperasi dan UKM menyebut, jumlah sektor bisnis UMKM di Indonesia pada 2021 mencapai 64,19 juta, dengan partisipasi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,97 persen atau senilai Rp8,6 triliun.

Nah, kali ini Melalui lembaga amil zakat PT Petrokimia Gresik, pelaku UMKM di ring1 Kelurahan Sukorame mendapatkan bantuan rombong berkah sebagai upaya pemulihan ekonomi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES