Ekonomi

Kembali Diekspor ke Eropa, Cokelat Batang Kepulauan Sula Jadi Primadona di Inggris

Sabtu, 21 Januari 2023 - 13:19 | 35.44k
Cokelat batang Kepulauan Sula. (Foto Karantina Ternate)
Cokelat batang Kepulauan Sula. (Foto Karantina Ternate)

TIMESINDONESIA, SULA – Mengawali tahun 2023. cokelat batang asal Kepulauan Sula, Maluku Utara  kembali di ekspor ke Inggris.  Cokelat yang berasal dari pulau Sula ini masih menjadi primadona di Negeri Eropa. 

Sebanyak 44,8 kg cokelat batang ini di ekspor oleh PT. Inti Alam Enterprisis dengan tujuan ekspor Inggris. Data ini di sampaikan langsung oleh Karantina Ternate.

Advertisement

Sebelum dapat dilakukan ekspor, karantina Ternate terlebih dahulu melakukan serangkaian pemeriksaan oleh petugas sebagai jaminan kesehatan agar produk ini dapat diterima di negara tujuan dan dilakukan penerbitan Phytosanitary Certificate oleh petugas karantina.

Di lain tempat, Tasrif selaku Kepala Karantina Pertanian Ternate, menjelaskan kegiatan ekspor ini merupakan kali ketiga ekspor terhadap cokelat batang ke Inggris dan merupakan ekspor pertama di awal tahun 2023. "Ini adalah ekspor cokelat batang  ketiga di Inggris” Jelas Tasfir Sabtu (21/1/2023).

Tafsir mengatakan, dengan diekspor nya cokelat batang Sula ke Inggris, tentunya membuktikan bahwa hasil dari bumi Maluku Utara ini berpotensi untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

Ia berharap agar ekspor cokelat pada awal tahun ini menjadi pemacu bagi komoditas Pertamina lainnya di Maluku Utara. Untuk peningkatkan produksi pertanian lainnya yang ada di Maluku Utara. 

"Diharapkan ekspor di awal tahun 2023 ini dapat memacu peningkatan ekspor cokelat batang dari Kepulauan Sula maupun komoditas pertanian lainnya yang berasal dari Maluku Utara sehingga dapat merambah ke berbagai belahan negara,” tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES