Ekonomi

Respon Market Positif, iStyle Buka Store Marhen J di Tunjungan Surabaya

Rabu, 22 Maret 2023 - 11:30 | 161.39k
Grand opening Marhen J Tunjungan Plaza Surabaya, Rabu (22/3/2023).(Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Grand opening Marhen J Tunjungan Plaza Surabaya, Rabu (22/3/2023).(Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Platform destinasi belanja iStyle id membuka toko offline untuk brand fashion aksesoris Marhen J di Tunjungan Plaza 3 Surabaya. 

Chief Executive Officer iStyle id Steven Calvin Victory mengatakan, demand akan produk ini cukup tinggi. Termasuk penjualan di platform online iStyle juga mengalami peningkatan hingga 200 persen.

"Antusiasme terhadap Marhen J di online pada awalnya sangat banyak. Ternyata mereka suka produk ini," kata Chief Executive Officer iStyle.id Steven Calvin Victory, Rabu (22/3/2023). 

Peminat Marhen J semakin besar karena dibarengi dengan tren Korean Culture di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. 

Pihak iStyle kemudian mengambil inisiatif dan sepakat bekerjasama dengan Marhen J Korea guna mengembangkan merek ini di Indonesia sejak 2021 lalu.

iStyle membuka toko pertama Marhen J di Jakarta dan meluas hingga 5 toko pada tahun yang sama. 

Bahkan awal tahun ini iStyle melakukan ekspansi besar-besaran lewat bisnis O2O (Online to Offline) dengan membuka 3 toko baru di mana salah satunya adalah Kota Surabaya. Steven menargetkan sampai akhir tahun mendatang bisa membuka 4-5 toko lagi. 

Bukan tanpa alasan agresifitas ekspansi tersebut. Steven mengungkapkan, kehadiran toko offline dinilai turut memberikan dampak peningkatan penjualan secara online. 

"Marketnya bagus, bahkan keberadaan toko offline melengkapi penjualan online. Penjualan kami langsung naik tinggi, karena kalau fashion orang butuh melihat dan mencoba," ujarnya. 

Steven juga menjelaskan, untuk penjualan online sendiri selama ini menggunakan sistem CBT (Cross Border Trade) dengan Marhen J di Korea. 

"Jadi kalau ada orang beli pre order, baru nanti barangnya kita kirim dari Korea masuk ke Indonesia," tambahnya. 

Dengan pembukaan toko offline, peminat tas eco-friendly ini meroket hingga dua kali lipat. 

"Growth nya dua kali lipat, 200 persen," ucap Steven. 

Ia memprediksi tahun ini penjualan akan semakin membaik karena banyak pembeli mulai datang ke toko offline setelah pandemi usai. Apalagi Surabaya merupakan kota besar dengan pertumbuhan bisnis yang cepat serta memiliki karakter masyarakat yang terbuka akan tren baru dan sedang berkembang. 

"Tahun ini kami cukup agresif untuk membuka lagi beberapa toko salah satunya di Tunjungan Plaza Surabaya. Bulan depan di Palembang, setelah kemarin di Yogyakarta dan Semarang," ucapnya. 

Senada, Brand Manager Marhen J Indonesia, Venska Adelia mengatakan, Surabaya merupakan market potensial untuk merek ini. Demand Marhen J menjadi alasan iStyle untuk terus berekspansi. 

Karena beberapa kali Marhen J tampil di pop up store, market Surabaya selalu memberikan kontribusi tinggi terhadap angka penjualan. 

"Kota Surabaya demand paling tinggi kita udah punya market di sini. Setiap event ramai sekali padahal nggak ada toko dan produk limited," ujarnya. 

Pada pembukaan toko, Marhen J Tunjungan Plaza Surabaya dengan desain dominan warna pink ini menghadirkan beragam aksesoris mulai tas, topi, gantungan kunci dan pouch serta dompet.

iStyle sendiri saat ini memiliki kerja sama dengan empat brand ekslusif dan 500 lebih brand Korea pilihan di toko online. 

Oleh karena itu, iStyle juga bekerja sama dengan Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia sebagai strategic partner.

Regional Director KOCCA Indonesia, Mr Kim Young Soo mengatakan, tahun ini merupakan tahun ke-50 terjalinnya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea Selatan. 

Ia berharap hubungan dan kerja sama tersebut dapat terus terjaga dan melahirkan banyak kolaborasi antara kedua belah pihak. 

"Termasuk kolaborasi kami dengan iStyle untuk terus menghadirkan berbagai produk asal Korea yang berkualitas bagi masyarakat Indonesia," ungkap Mr Kim. 

Karena berdasarkan data SnapCart, Korean Culture memiliki pengaruh besar bagi tren lifestyle di Indonesia. Antara lain karena adanya Korean Drama (69%) dan Music K-Pop (59%). 

Fenomena tersebut membuat iStyle optimistis dengan melakukan ekspansi toko Marhen J di Jatim. 

Brand kebanggaan asal Korea ini telah diakui banyak pecinta fashion. Mulai dari figur selebritis Korea hingga negara lain. Karena memiliki desain minimalis dan model praktikal namun tidak monoton. 

Pada bulan ini, Marhen J juga meluncurkan produk terbaru MewMewBag yang terbuat dari bahan daur ulang kemasan plastik serbaguna polyethylene terephtalate (PET). Bahan tersebut diolah menjadi eco fleece. Yaitu bahan kain dengan campuran polyester, kapas, bahan-bahan daur ulang dan organik lainnya.

Koleksi baru tersebut juga dapat ditemui di Marhen J Tunjungan Plaza yang baru saja dibuka oleh iStyle id untuk masyarakat pecinta fashion di Kota Surabaya.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES