Ekonomi

Jelang Lebaran, Parcel di Banyuwangi Mulai Diburu Pembeli

Selasa, 04 April 2023 - 23:04 | 147.64k
Salah satu produk parcel atau hampers yang dijual, dengan berbagai isi. (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)
Salah satu produk parcel atau hampers yang dijual, dengan berbagai isi. (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak masyarakat mulai mempersiapkan segala sesuatu, termasuk pernak-pernik dan hadiah. Banyak yang memilih parcel atau hampers sebagai buah tangan untuk keluarga dan rekan kerja mereka.

Banyuwangi, salah satu kota di Jawa Timur, bukanlah pengecualian. Di sana, parcel cantik mulai menghiasi pusat perbelanjaan dan supermarket. Ada berbagai macam jenis parcel yang dijual, mulai dari yang berisi makanan, minuman, hingga barang-barang rumah tangga.

Parcel sudah menjadi tradisi di Banyuwangi. Sebelum Idul Fitri tiba, supermarket dan toko-toko di sana bersiap-siap dengan menata parcel cantik di etalase mereka. Parcel yang dijual bervariasi, mulai dari yang sederhana hingga yang mewah dan mahal.

Salah satu supermarket di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Tukangkayu, Banyuwangi, Vionata, adalah tempat yang populer untuk membeli parcel.

"Biasanya seminggu menjelang lebaran banyak diburu pembeli," ujar pegawai Vionata supermarket, Endang Mustikawati, Selasa (4/4/2023).

Parcel ini biasanya diborong dengan jumlah banyak, sebagai hadiah untuk para pegawai saat akan libur hari raya Idul Fitri. Kebanyakan konsumen banyak yang lebih memilih parcel yang berisi makanan untuk dijadikan jajan suguhan tamu.

"Saat ini parcel yang berisi kue toples ini saja yang masih laku karena bisa dijadikan suguhan hari raya," ucapnya.

Di supermarket tersebut banyak aneka ragam hampers yang dijajakan, seperti yang berisi kue kering, kue kaleng hingga coklat, selain itu ada pula parcel berisi barang pecah belah seperti seperangkat alat minum mulai dari gelas sampai teko cantik yang terbuat dari kaca.

Seluruh barang tersebut ditata sedemikian rupa hingga terlihat rapi dan indah agar lebih menarik dan elegan saat diberikan kepada rekan sejawat. Meskipun terlihat elegan dan mewah harganya pun tidak selalu mahal. Endang menjelaskan bawasanya harga hampers yang dijual cukup bervariasi, tergantung dari isi yang ada dalam bungkusan itu.

Mulai dari harga Rp75.000 saja sudah mendapatkan beragam jajan ringan seperti pastor rasa coklat dan masih banyak makanan ringan lainya. Kemudian ada juga parcel dengan harga Rp350.000 dengan tempat parcel susun tinggi dengan isi kue-kue toples beserta sirup yang menjadi minuman favorit tamu-tamu yang berkunjung.

"Harga termahalnya di sini hingga jutaan dengan parcel besar yang berisi perlengkapan makan dengan bentuk antik," bebernya.

"Variasi-variasi harga dan isi tersebut berguna untuk memberikan banyak pilihan bagi konsumen yang ingin membeli parcel sesuai budget," imbuh Endang.

Sementara itu, salah seorang pembeli parcel, Yulianti menuturkan, meskipun hari raya terbilang masih jauh, ia bergegas untuk menyiapkan segala sesuatunya termasuk kebutuhan parcel.

"Saya memang berencana memberikan parcel ini ke saudara-saudara jauh," tandas Yulianti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES