Ekonomi

Geber UMKM, Upaya KPwBI Jember Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

Kamis, 11 Mei 2023 - 07:53 | 157.75k
Bupati Jember, Hendy Siswanto (tengah) didampingi Kepala Perwakilan BI Jember, Yukon Afrinaldo (kiri) dan Kepala Balai Taman Nasional Beru Betiri, Nuryadi (kanan) saat melaunching acara Geber UMKM dan kawasan wisata Meru Betiri
Bupati Jember, Hendy Siswanto (tengah) didampingi Kepala Perwakilan BI Jember, Yukon Afrinaldo (kiri) dan Kepala Balai Taman Nasional Beru Betiri, Nuryadi (kanan) saat melaunching acara Geber UMKM dan kawasan wisata Meru Betiri

TIMESINDONESIA, JEMBER – Guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menyelenggarakan Kick Off Geber (Gerakan Beranjak) UMKM dan launching kawasan wisata Meru Betiri, Rabu (10/5/2023).

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), Gerakan Bangga Berwisata (GBWI) serta kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI).

Yukon Afrinaldo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember mengatakan, salah satu hal yang dianggap penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi adalah naiknya kesejahteraan masyarakat.

"Salah satu upaya nya dengan terus mendukung kegiatan ekonomi masyarakat dari sisi UMKM untuk ditumbuhkan," ungkapnya kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut, melalui Geber UMKM, KPwBI Jember juga memfasilitasi para pelaku UMKM mulai dari pembentukan hingga Go Digital dan Go Ekspor.

Bupati-Jember-Hendy-Siswanto-a.jpg

"Sudah banyak UMKM binaan BI Jember yang sudah mengekspor produknya ke berbagai negara, seperti kopi dan sebagainya," imbuh Aldo, sapaan karib Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember. 

Tak hanya UMKM, dirinya juga mensinergikan kegiatan tersebut dengan pariwisata lokal yang sesuai dengan program Pemkab Jember. Menurut Aldo, kawasan Meru Betiri memiliki potensi yang luar biasa untuk dikenal oleh masyarakat.

"Yang dilakukan adalah memberikan paket wisata dengan melibatkan kegiatan ekonomi dikawasan Meru Betiri," jelasnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Jember, Hendy Siswanto menyampaikan apresiasinya kepada KPwBI Jember atas dukungan nyata kepada warga Jember dan wilayah kerjanya.

"Tentunya semangat memajukan UMKM dan wisata dari BI Jember harus dimaknai dengan kerja total, kolaborasi dan sinergi. Karena apapun itu, bukan kerja sendiri-sendiri melainkan harus saling melengkapi," ujar Bupati.

Sebelum membuka acara Geber UMKM secara simbolis, Bupati Hendy bersama para OPD meninjau dan membeli beberapa produk UMKM binaan KPwBI Jember yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Bupati-Jember-Hendy-Siswanto-b.jpg

Masih dalam rangkaian Kick Off Geber UMKM, KPwBI Jember juga menawarkan sejumlah paket wisata untuk mengunjungi kawasan wisata Meru Betiri yang dibanderol dengan harga Rp.275.000/orang. Tak tanggung-tanggung, Bupati Jember, Bank Indonesia, para OPD dan juga beberapa perbankan turut untuk membeli paket tersebut dengan jumlah fantastis. 

Untuk diketahui, serangkaian acara Geber UMKM yang diinisiasi KPwBI Jember ini diantaranya, festival ekonomi keuangan digital Indonesia, pelatihan capacity building service excellence bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan juga berbagai kegiatan yang seiring dengan ajang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES