Ekonomi

Tingkatkan Nilai GCG, Bank Jatim Gelar Executive Summit 2023

Minggu, 17 September 2023 - 20:31 | 48.52k
Komisaris Bank Jatim dan Direksi Bank Jatim saat menghadiri Executive Summit 2023 di Yogyakarta pada Sabtu (17/9/2023).(Foto: Dok.Humas Bank Jatim)
Komisaris Bank Jatim dan Direksi Bank Jatim saat menghadiri Executive Summit 2023 di Yogyakarta pada Sabtu (17/9/2023).(Foto: Dok.Humas Bank Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Dalam rangka meningkatkan nilai Good Corporate Governence (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) menyelenggarakan Executive Summit 2023 di Yogyakarta pada Sabtu (17/9/2023).

Kegiatan yang diisi oleh pemateri dari Direktur Utama PT Ratama Mitra Kualitas Hermansyah dan Direktur Utama LPPI sekaligus Komisaris Independen PT bank Mandiri (Persero) Heru Kristiyana ini dihadiri seluruh Komisaris Bank Jatim dan Direksi Bank Jatim. 

Advertisement

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman menjelaskan dalam sambutannya, per Juni tahun 2023 pencapaian nilai tata Kelola Bank Jatim berada pada nilai komposit 2 (baik).

"Oleh karenanya diperlukan langkah-langkah strategis yang harus dilakukan agar nilai yang dicapai dapat ditingkatkan menjadi komposit 1 (sangat baik). Sebab, nilai tata kelola bank dapat mencerminkan kesuksesan bank itu sendiri,” paparnya.

Adapun penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik merupakan landasan bagi terbentuknya sistem, struktur dan budaya perusahaan yang fleksibel serta adaptif atas perubahan lingkungan bisnis yang kompetitif serta mampu membangun sistem pengendalian internal dan manajemen risiko yang handal.

Bank-Jatim-a.jpg

Selain itu, penerapan tata kelola perusahaan yang baik juga diyakini mampu memperkuat posisi daya saing perusahaan secara berkesinambungan, mengelola sumber daya dan risiko secara lebih efisien dan efektif, serta dapat meningkatkan corporate value dan kepercayaan investor.

Selain sharing session terkait ISO 37001 :2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan dan Penerapan Tata Kelola, pada rangkaian acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas.

”Semoga dengan tanda tangan komitmen yang dibubuhkan tersebut dapat menjadi langkah dan semangat baru yang kami tularkan kepada seluruh insan Jatimers di seluruh unit kerja Bank Katim sehingga penerapan Tata Kelola Perusahaan yang baik dapat dilaksanakan,” kata Busrul.

Komisaris Utama Bank Jatim Suprajarto juga menambahkan, kegiatan Executive Summit ini merupakan agenda tahunan yang dikhususkan untuk jajaran Dewan Komisaris dan Direksi Bank Jatim.

Harapannya, dengan kegiatan ini, dapat menambah wawasan terkait peneraparan tata kelola yang baik serta meningkatkan efektifitas pengurus Bank Jatim sesuai peran dan fungsinya masing-masing dalam struktur tata kelola sebagaimana yang diatur dalam POJK 55/POJK.03/2016 tentang Penerapan Tata Kelola Bagi Bank Umum. 

Menurutnya lagi, komitmen BoC dan BoD dalam upaya penerapan dan strategi pencapaian tata kelola merupakan kunci utama terlaksananya praktik GCG diseluruh jenjang organisasi Bank Jatim agar nilai komposit GCG dapat mencapai yang kita harapkan yaitu dengan predikat Sangat Baik.

Dengan semangat untuk perbaikan, maka tentunya Executive Summit di lingkup Top Management ini diharapkan dapat menjadi trigger bagi seluruh insan Jatimers agar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab selalu dalam koridor tata kelola yang baik.

"Sehingga pertumbuhan kinerja keuangan dan bisnis Bank Jatim juga diikuti dengan kondisi perusahaan yang baik dan sehat yang secara langsung akan berdampak pada peningkatan value Bank Jatim secara corporate image,” tegas Suprajarto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES