Ekonomi

Soal Data Penerima BLT DBHCHT, Ini Kata Dinsos Bondowoso

Rabu, 01 November 2023 - 13:44 | 62.21k
Ilustrasi BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Ilustrasi BLT Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dinas Sosial Kabupaten Bondowoso akhirnya memberikan penjelasan terkait data penerima bantuan langsung tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). 

Seperti diketahui, Dinas Sosial Bondowoso mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp18 miliar lebih untuk BLT DBHCHT dengan besaran Rp600 ribu per orang. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 215/PMK.07/2021 yang berhak menerima adalah buruh tani tembakau, buruh pabrik rokok dan masyarakat lain yang ditentukan oleh pemerintah. 

Namun DPRD Bondowoso mempertanyakan data penerima. Apakah betul-betul buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok atau justru bukan. 

Menanggapi hal itu, Kepala Dinsos P3AKB Bondowoso, Anisatul Hamidah menjelaskan, sasaran penerima BLT adalah buruh tani tembakau dan/atau buruh pabrik rokok, dan buruh pabrik rokok yang terkena PHK. 

Sementara masyarakat lainnya yakni yang masuk dalam data pensasaran kemiskinan ekstrim dan/atau masuk DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). 

Menurutnya, Pemkab Bondowoso telah berkomitmen untuk melakukan intervensi penanganan kemiskinan ekstrim sesuai arahan presiden bahwa tahun 2024 penanganan kemiskinan ekstrem diharapkan dapat tuntas.

Adapun terkait data buruh pabrik rokok Dinsos berasal mendapatkan dari perusahan rokok/tembakau. 

"Data perusahaan rokok/tembakau berasal dari DPMPTSP dan Ketenagakerjaan," jelas dia. 

Dia juga menegaskan, seluruh data akan diverifikasi, mulai dari pemadanan NIK/adminduk, verval data sesuai data kemiskinan ekstrim dan DTKS. 

"Serta melibatkan OPD terkait yakni DMPPTSP dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan," terang dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES