Ekonomi

Perusahaan Jet Pribadi Thailand Buka Investasi di Indonesia

Senin, 27 November 2023 - 23:00 | 26.62k
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat mengunjungi hanggar MJets di Bangkok, Senin (27/11/23). (foto: dok MPR RI)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat mengunjungi hanggar MJets di Bangkok, Senin (27/11/23). (foto: dok MPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut baik dan mendukung rencana perusahaan jet pribadi MJets Thailand investasi dan membuka perusahaan aviasi di Indonesia yang memiliki banyak pulau. Selain di Bangkok, MJets telah beroperasi di Phuket, Singapura, Kuala Lumpur, Maladewa, Hongkong, Beijing, Yangoon dan Manila. 

"Bisnis pesawat jet pribadi terbukti merupakan salah satu sektor yang mampu bertahan selama pandemi Covid-19. Tidak hanya bertahan, bahkan permintaan penggunaan jet pribadi justru bertambah selama pandemi. Sementara maskapai penerbangan komersil lainnya terpaksa harus 'mengandangkan' pesawatnya karena tidak ada penumpang yang berpergian," ujar Bamsoet usai mengunjungi hanggar MJets di Bangkok, Senin (27/11/23).

Hadir antara lain Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Robert Kardinal serta Anggota DPD RI Yorrys Raweyai, pemilik MJets Kirit C. Shah dan CEO MJets Natthapatr Sibunruang.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, permintaan sewa jet pribadi selama pandemi meningkat karena alasan kenyamanan dan keamanan terpapar dari virus Corona. Orang enggan berinteraksi langsung dengan orang lain selama pandemi. Selain, banyaknya penebangan komersil yang menutup sementara rute yang biasa dilayani.

"Alasan lain efisiensi waktu karena adanya pembatasan operasional penerbangan domestik di maskapai umum. Dengan menggunakan jet pribadi seseorang juga bisa datang ke tempat yang tidak bisa dicapai oleh penerbangan komersial selama bandara yang dituju memiliki landasan pacu yang sesuai dengan tipe pesawat jet pribadi tersebut," kata Bamsoet.

Pendiri Black Stone Airline Cargo dan Kepala Badan Polhukam KADIN Indonesia ini menjelaskan MJets memiliki terminal jet pribadi atau fixed base operators (FBO) pertama dan satu-satunya di Thailand, yakni di Bandara Internasional Don Mueang Bangkok dengan akreditasi IS-BAO dan IS-BAH. MJets juga terpilih sebagai FBO terbaik di Asia dan terbaik ke-4 di seluruh belahan bumi timur oleh Aviation International News (AIN).

"MJets menyediakan sewa jet pribadi dengan armada Cessna Citation Bravo, CJ3, Gulfstream G200 dan Gulfstream GV. MJets menyediakan pula penerbangan ambulans udara (aeromedis) di seluruh Asia. Fasilitas lain, MJets Maintenance juga menyediakan manajemen perawatan pesawat secara total di dua hanggar seluas 2.660 meter persegi," pungkas Bamsoet. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES