Ekonomi

Akhiri Tahun Buku 2023, Samator Raih Pinjaman Sindikasi Rp 4,6 Triliun

Jumat, 15 Desember 2023 - 22:24 | 29.42k
Direktur Utama PT Samator Indo Gas TbkRachmat Harsono, Jumat (15/12/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Direktur Utama PT Samator Indo Gas TbkRachmat Harsono, Jumat (15/12/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – PT Samator Indo Gas Tbk (Kode Bloomberg: AGII IJ atau “Perusahaan”) telah memperoleh Syndicated Term Loan Facility atau pinjaman sindikasi dari sejumlah mitra perbankan.

Antara lain Bank Danamon, Bank OCBC NISP, Bank BRI, dan Bank CIMB Niaga sebagai Facility Agent dan Security Agent. 

Pinjaman sindikasi sebesar Rp 4,6 triliun tersebut ditargetkan untuk mendanai keterlibatan perseroan dalam proyek hilirisasi industri nasional pada tahun 2024 mendatang.

"Perseroan menargetkan total pendapatan tahun 2024 tumbuh 9,6% dari target total pendapatan tahun 2023," terang Direktur Utama PT Samator Indo Gas Tbk, Rachmat Harsono menyampaikan proyeksinya, Jumat (15/12/2023).

Untuk mencapai sasaran pertumbuhan tersebut, pinjaman sindikasi yang mereka dapat akan digunakan mendukung dana CAPEX tahun 2024 yang sudah dianggarkan sebesar Rp1 triliun hingga Rp1,1 triliun. 

"Secara operasional, kami menganalisa proyek tahun berikutnya akan berangkat dari potensi pertumbuhan yang baik dari sektor infrastruktur dan manufaktur lainnya, terutama karena kami memiliki kesempatan untuk berperan secara strategis dalam proses pengolahan bahan mentah milik pelanggan," katanya.

Dibandingkan dengan realisasi Belanja Modal (CAPEX) hingga 30 September 2023, angka CAPEX mencapai Rp 257,8 miliar dengan alokasi terbesar untuk ekspansi bisnis dan penambahan sarana distribusi. 

"Besaran CAPEX kami di tahun selanjutnya dipengaruhi oleh anggaran untuk membangun 2 pabrik besar yang kini tengah berjalan, yakni pembangunan pabrik ke-56 di Batang, Jawa Tengah, dan pabrik ke-57 yang akan secara dedicated melayani PT Infineon Technology di Batam, Kepulauan Riau," tambahnya.

Selain perolehan pinjaman sindikasi, di akhir tahun ini perseroan juga mengadakan Paparan Publik Tahunan atau Public Expose (“Pubex”). 

Pubex yang diadakan di Novotel Samator Surabaya Timur tersebut turut dihadiri Rachmat Harsono beserta jajaran direksi bertujuan untuk memberikan paparan performa Perseroan Year to Date hingga 30 September 2023.

Melalui Pubex, manajemen perseroan menggarisbawahi bahwa total penjualan perusahaan per September 2023 mengalami pertumbuhan sebesar 8,7% dibandingkan angka total penjualan pada periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Dari sisi non-finansial, perseroan telah menerapkan beberapa strategi nilai keberlanjutan, seperti utilisasi panel surya pada pabrik dan penyelenggaraan CSR Terus Sehat Meraih Mimpi yang dilatarbelakangi kesadaran untuk menyediakan akses kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat. 

Melalui track record tersebut, tahun ini PT Samator Indo Gas Tbk tervalidasi EcoVadis dengan Bronze Medal, serta kembali dinilai oleh Sustainalytics ESG Risk Rating dengan hasil Medium Risk.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES