Ekonomi

RAT Primer Koperasi Kartika Wira Satya Hasilkan SHU 189%, Begini Pesan Danrem

Rabu, 24 Januari 2024 - 12:54 | 17.18k
Danrem 163 Wira Satya Brigjen TNI Agus Muchlis Latif saat diwawancara wartawan jelang pembukaan RAT. (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)
Danrem 163 Wira Satya Brigjen TNI Agus Muchlis Latif saat diwawancara wartawan jelang pembukaan RAT. (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Danrem 163 Wira Satya, Brigjen TNI Agus Muchlis Latif hari ini membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) primer Koperasi Kartika Wira Satya yang tutup buku tahun 2023, Rabu (24/1/2024).

Berlangsung di Aula Korem, Danrem mengatakan bahwa Rapat Anggota Tahunan mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan koperasi ke arah yang lebih baik, karena rapat ini adalah momentum untuk membahas laporan pertanggung jawaban pengurus Tahun 2023 dan rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan dan belanja Koperasi Tahun 2024.

Pertanggungjawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa-masa mendatang kinerja koperasi dapat diperbaiki dan disempurnakan sehingga koperasi kita dapat menjadi koperasi yang berkualitas.

"Hal ini sejalan dengan Tema Rapat Anggota Tahunan Koperasi Kartika Wira Satya Tahun ini yaitu Kita Tingkatkan Kebersamaan, Inovasi Bisnis dan Soliditas Jaringan Usaha Menuju Koperasi Angkatan Darat Yang Berkualitas," jelas Danrem.

Diketahui, tutup buku di RAT tahun 2023 menghasilkan kenaikan omset dan pendapatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Jika pada buku tutup buku 2022 terdapat sebesar Rp506.073.118 maka neraca di akhir tahuan 2023 menunjukan kenaikan angka menjadi Rp660.596.453 dari unit toko dan usaha simpan pinjam yang semula rencana tutup buku th 2023 terkait sisa hasil usaha (SHU) sebesar Rp39.500 000,-.

Ia merinci ternyata per 31 Desembar 2023, koperasi memperoleh SHU sebanyak Rp74 975.718 atau ada kenaikan sekitar 189% dari yang direncanakan semula.

Danrem menjelaskan bahwa pelaksanaan RAT merupakan bentuk laporan pertanggung jawaban dan laporan evaluasi Kerja selama Tahun 2023, yang dilanjutkan dengan rencana kerja Primkop Kartika Wira Satya pada tahun 2024.

Selain itu, kegiatan ini menjadi media strategis untuk mengetahui sejauh mana koperasi mampu memberikan manfaat bagi anggota beserta keluarganya melalui berbagai bidang usaha yang dijalankan.

"Saat ini sudah terdata ada 271 orang anggota Primkop Korem 163/Wira Satya yang terdiri dari 233 prajurit militer dan 38 PNS," jabarnya.

Menurutnya, rapat Anggota Tahunan bagi sebuah koperasi merupakan hal mutlak yang harus dilaksanakan karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan Koperasi sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Pasal 30 UU No 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian.

“Selain itu RAT juga merupakan bentuk semangat dan implementasi dari asas kekeluargaan yang harus tetap dijaga dalam kehidupan perkoperasian. Sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, Rapat Anggota Tahunan menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi Koperasi adalah pada anggotanya," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES