Ekonomi

Pemkab Banyuwangi Akan Merevitalisasi Pasar Rogojampi

Kamis, 28 Maret 2024 - 16:17 | 21.14k
Pasar Rogojampi, Banyuwangi, saat dikunjungi Presiden Joko Widodo. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Pasar Rogojampi, Banyuwangi, saat dikunjungi Presiden Joko Widodo. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur berencana merevitalisasi Pasar Rogojampi, dalam upaya menumbuhkan dan memaksimalkan perekonomian daerah.

"Semoga nanti prosesnya berjalan lancar sehingga para pedagang nyaman dan proses jual beli juga bisa berjalan baik, sehingga ekonomi masyarakat juga bisa tumbuh dengan maksimal," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskop UMP) Banyuwangi Nanin Oktaviantie, Kamis (28/3/2024).

Perempuan yang akrab disapa Nanin itu menjelaskan, program revitalisasi Pasar Rogojampi itu, rencananya akan direalisasikan pada pertengahan 2024, setelah Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Menurut Nanin, adanya revitalisasi pasar dinilai cukup penting. Pasalnya revitalisasi Pasar Rogojampi yang akan dilakukan pada bagian sisi timur pasar itu, diharapkan dapat tertata rapi dan bersih sehingga bisa menarik lebih banyak pengunjung.

“Perbaikan lokasi tersebut dilakukan dengan alasan lokasi yang kian hari semakin kumuh dan sudah tidak tertata,” tandasnya.

Dalam mengeksekusi program revitalisasi Pasar Rogojampi tersebut, Nanin menerangkan, pemerintah sudah disiapkan dana sebesar Rp3,3 miliar. Ia mengatakan sumber dana tersebut didapat dari Kementerian Perdagangan. 

Dari dana yang diperoleh itu, kurang lebih perbaikan atau revitalisasi akan menyasar 110 lapak pedagang. Perbaikan pasar juga akan termasuk penataan ulang pedagang yang berada di luar zona agar lebih rapi dan terstruktur, sehingga persaingan pasar lebih sehat.

Untuk konsep Pasar Rogojampi sendiri cukup sederhana yaitu tetap satu lantai. Nanin beralasan pihaknya lebih memilih konsep bangunan satu lantai. Pedagang dinilai lebih suka dengan konsep itu lantaran lebih menghemat ongkos angkut. 

"Untuk konsep, kondisi pasar yang saat ini kumuh akan direnovasi dan tetap berkonsep pada pasar lantai satu karena keterbatasan anggaran yang ada," tuturnya. 

Dia menambahkan, terkait relokasi tempat sementara, selama pekerjaan berlangsung para pedagang akan dipindah ke lahan kosong milik Pemkab Banyuwangi yakni pasar Hewan Rogojampi. Pemilihan lokasi tersebut dianggap cukup baik karena memiliki jarak yang masih berdekatan dengan pasar Rogojampi.

"Semoga nanti para pedagang nyaman dan proses jual beli juga bisa berjalan baik,” pungkas Nanin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES