Ekonomi

Dukung Kemandirian Pangan, Kemenhan RI Cek Komoditi Unggulan Kabupaten Malang

Jumat, 03 Mei 2024 - 18:55 | 44.73k
Rombongan kunker Perwira Tinggi Kemenhan RI, didampingi Bupati dan Wabup Malang, saat melihat komoditi pangan unggulan yang dipamerkan di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jum'at (3/5/2024). (Foto Humas Prokopim)
Rombongan kunker Perwira Tinggi Kemenhan RI, didampingi Bupati dan Wabup Malang, saat melihat komoditi pangan unggulan yang dipamerkan di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jum'at (3/5/2024). (Foto Humas Prokopim)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kunjungan Kerja Perwira Tinggi Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia, diterima Bupati Malang di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jum'at (3/5/2024). Kunker ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kemandirian pangan di Kabupaten Malang. 

Para Perwira Tinggi Kemenhan yang melakukan kunjungan ini terdiri dari Mayjen TNI Yos Trioso, Mayjen TNI Agus Dhani, Mayjen TNI Rizerius Eko, Brigjen RNI Iriyanto, Muhammad Supriyadi, ST.MT dan beberapa jajaran Pejabat Sipil di Kemenhan RI. 

Mayjen TNI Yos Trioso mengungkapkan, kunjungan kerja yang dilakukan dalam rangka mempersiapkan dukungan dan menyongsong kemandirian pangan, yang akan ditindaklanjuti terus oleh Kemenhan RI. 

Menurutnya, Kabupaten Malang cukup produktif dan sangat aktif dalam upaya pengembangan pangan dan perlu terus didukung pemerintah agar mampu mencapai kemandirian pangan kedepannya. 

"Untuk mewujudkan kemandirian pangan, beberapa (komoditi) perlu ada peningkatan dalam hal pengelolaan pangan itu sendiri atau pabrikasi, sampai dengan hilirisasi. Dalam hal ini, mungkin dibutuhkan peningkatan koordinasi dan komunikasi antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah pusat," kata Mayjen TNI Yos Trioso, kepada awak media, di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jum'at (3/5/2024). 

Pada kegiatan kunker Perwira Tinggi Kemenhan RI ini, juga disiapkan stan pameran sejumlah komoditi unggulan hasil tanaman pertanian hortikultura, juga perikanan dan peternakan yang ada di Kabupaten Malang. 

Di stan pameran produk pangan ini, Pemkab Malang menyiapkan sebagian hasil produk pangan yang ada di Kabupaten Malang. Beberapa komoditi produk dilihat langsung para Perwira Tinggi Kemenhan di Pendopo Agung ini. 

Produk pangan yang dipamerkan, diiantaranya hasil pertanian Kentang Poncokusumo, Alpukat Pameling, Pisang Srimulyo Dampit, Tebu Pringu Bululawang, dan Kopi Lereng Semeru Tirtoyudo. 

Ada pula jenis ikan Tuna Sendangbiru, garam produksi Malang Selatan, hingga Lobster Budidaya Wagir. Tak ketinggalan sejumlah produk olahan susu JAB Jabung, KOPSAE Pujon, dan produksi Pabrik Greenfields Ngajum. 

Dalam rangkaian kegiatan Kunker Kemenhan RI, juga diagendakan kunjungan lapangan ke beberapa lokasi. Seperti, melihat pertanian padi di wilayah Kepanjen, serta pabrik susu dan produksi susu masyarakat di Ngajum. 

"Kami juga akan mengunjungi perkebunan alpukat pameling di Lawang, pertanian tebu Bululawang dan aktivitas penangkapan ikan di TPI Sendang Biru," jelas Mayjen TNI Yos Trioso.

Ditegaskan pihak Kemenhan, penguatan kemandirian pangan merupakan misi pendukung dan akan kedepan akan menjadi kegiatannya Presiden RI terpilih.

"Program-program menyangkut gizi dan pangan, akan terus diperluas dengan beberpa target (kemandirian pangan) ke depan," demikian Mayjen TNI Yos Trioso. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES