Ekonomi

Dorong Pelaku UMKM Binaan Naik Kelas, Baznas Kota Malang Gandeng Maybank Syariah

Selasa, 14 Mei 2024 - 15:20 | 14.90k
Para pelaku UMKM bersama pengurus Baznas Kota Malang dan Maybank Syariah Cabang Malang. (Foto: Baznas for TIMES Indonesia)
Para pelaku UMKM bersama pengurus Baznas Kota Malang dan Maybank Syariah Cabang Malang. (Foto: Baznas for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang bersama Maybank Syariah Cabang Malang mendukung pengembangan sektor Usaha Mikro Kredit Menengah (UMKM) melalui program pelatihan kewirausahaan. Kemitraan ini untuk memberikan support strategis bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, tata kelola usaha, jaringan bisnis yang luas, serta beradaptasi dengan platform digital.

Program ini mengadakan serangkaian kegiatan pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan di Hotel Whiz Kota Malang selama tiga hari. Lalu, dilanjutkan dengan kegiatan mentoring selama enam bulan. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang manajemen usaha, pemasaran, keuangan, dan strategi bisnis yang efektif di era digital. 

Terpilih 100 UMKM yang akan mengikuti kegiatan ini. Mereka terbagi menjadi dua gelombang, yaitu gelombang I pada Selasa-Kamis, 14-16 Mei 2024, dan gelombang II pada Selasa-Kamis, 21-23 Mei 2024. Implementasi kegiatan ini difasilitasi oleh People Systems Consultancy Indonesia sebagai mitra langsung dari Maybank Syariah.

Ketua Baznas Kota Malang Prof. Dr. Kasuwi Saiban, MA, menyatakan, kemitraan dengan Maybank adalah langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan dan kesuksesan UMKM binaan Baznas Kota Malang dan akan memberikan manfaat yang lebih luas di Indonesia. 

"Melalui program ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan UMKM, serta meningkatkan peran mereka dalam perekonomian lokal maupun nasional. Yang lebih penting lagi adalah dapat meningkatkan status mereka yang saat ini menjadi Mustahiq agar lebih cepat menjadi Muzakki," ujar Kasuwi Saiban.

Sementara itu, Maybank Syariah Cabang Malang juga menegaskan komitmennya dalam mendukung perkembangan UMKM sebagai salah satu pilar utama ekonomi Indonesia. "Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan Baznas Kota Malang dalam memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi UMKM binaan melalui program pelatihan kewirausahaan ini. Kemitraan ini sudah berjalan lama sejak 2021," kata Yuniar Ariwibawa Sasmita, Syariah Branch Manager KCS Malang.

Program pelatihan kewirausahaan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi UMKM, baik dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka, maupun dalam meningkatkan akses mereka ke pasar yang lebih luas. Dengan dukungan dari Maybank Syariah, diharapkan UMKM dapat menjadi tulang punggung ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjutan.

UMKM Jawab Tantangan Zaman

Menghadapi tantangan ekonomi saat ini, banyak hal yang harus dipersiapkan agar masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Kota Malang, dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Baznas Kota Malang terus berupaya untuk bisa berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai kegiatan dan bermitra dengan pihak-pihak yang memiliki orientasi yang sama dalam pengentasan kemiskinan. 

Sutomo, selaku Wakil Ketua IV Baznas Kota Malang, menyampaikan bahwa akselerasi yang dilakukan saat ini hanya bisa dengan berkolaborasi dengan mitra-mitra strategis agar bisa memberikan manfaat yang lebih luas dan dapat dirasakan secara nyata. 

"Bagi para pihak atau mitra yang mensupport kegiatan-kegiatan Baznas Kota Malang, kami mengucapkan terima kasih," imbuhnya.

Edy Hayatullah MM, wakil ketua Baznas, menambahkan, program ini menjadi bagian dari upaya Baznas Kota Malang untuk menaikkan kelas UMKM di tengah tantangan perkembangan teknologi. 

"Baznas ingin agar UMKM kita mampu menjawab tantangan zaman teknologi ini. Karena itu sentuhan teknologi, media sosial, AI juga akan diterapkan di UMKM kita. Insyalah bisa maju," tandas Gus Edi, sapaan akrab ketua 2 STAIMA Al Hikam Malang ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES