Ekonomi

Terkait Hasil RUPS-LB Bank NTT, Begini Respons Mantan Bupati Sumba Timur

Selasa, 14 Mei 2024 - 18:00 | 20.11k
Mantan Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora. (FOTO: victorynews)
Mantan Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora. (FOTO: victorynews)

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Mantan Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora merespons soal Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Bank Nusa Tenggara Timur (Bank NTT) di Kantor Gubernur NTT yang dipimpin langsung oleh Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake pada Rabu 8 Mei 2024 lalu.

“RUPS LB itu adanya pergantian pejabat utama yakni, Dirut Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho yang digantikan Plt. Yohanes Landu Praing. Selain itu ada Direktur Kredit Paulus Stefen Messak, Komisaris Utama (Komut) Juvenile Jodjana dan Komisaris Independen Frans Gana ganti Komut, Dirut dan Direktur Kredit," kata mantan Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora, Selasa (14/5/2024).

Menurutnya, pihaknya sangat menghargai proses hukum yang sedang berjalan. “Saya harap proses ini berjalan dengan baik karena Bank NTT merupakan Bank kebanggaan rakyat NTT,” tuturnya.

Ia mengakui, bahwa Bank NTT yang saat ini dilanda berbagai persolan besar. Jika Bank NTT mengalami kemacetan atau bangkrut tentu yang rugi adalah rakyat NTT sendiri karena rakyat NTT memiliki saham mayoritas yang disertakan melalui Pemerintah Daerah (Pemda). 

Gidion juga menjelaskan, terkait dugaan pejabat utama Bank NTT yang diganti, seharusnya juga diberi kesempatan untuk membela diri karena adanya mekanisme yang diatur sesuai Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), perusahan dan adapun aturan-aturan lain dari OJK yang harus diikuti.

“Jadi masalah ini juga harus diajukan ke OJK. Jika OJK mencermatinya sesuai aturan pasti ditindaklanjuti seandainya proses pergantian pejabat utama itu tidak sesuai aturan pasti ada penegasan dari OJK nanti,” paparnya.

Disisi lain tambah Gidion, Bank NTT memiliki peran stratergis sebagaI Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang telah berkontribusi signifikan dengan menyumbang deviden puluhan miliar setiap tahunnya.

“Jadi komitmen dan tindakan dalam mengambil keputusan Pemerintah Provinsi terhadap Bank NTT sangatlah penting untuk menjaga stabilitas perbankan dan kesejahteraan rakyat NTT,” tutup Gidion. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES