Ekonomi

Tingkatkan Efektifitas Belanja Daerah, Bank Jatim Bersama Pemkab Bondowoso Launching KKPD

Sabtu, 18 Mei 2024 - 19:41 | 23.71k
PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) secara resmi telah melaunching Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) di Ballroom Hotel Grand Padis Bondowoso, Rabu (15/5/2024). (FOTO: Dok.Humas Bank Jatim)
PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) secara resmi telah melaunching Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) di Ballroom Hotel Grand Padis Bondowoso, Rabu (15/5/2024). (FOTO: Dok.Humas Bank Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Untuk meningkatkan efektifitas dan akuntabilitas belanja daerah, Pemerintah Kabupaten Bondowoso bersama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) secara resmi telah melaunching Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) pada Rabu (15/5/2024). 

Bertempat di Ballroom Hotel Grand Padis Bondowoso, kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto, Direktur IT & Digital Bank Jatim Zulhelfi Abidin, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember Gunawan.

Zulhelfi menjelaskan, KKPD ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu mempermudah pemerintah daerah untuk membelanjakan anggaran sesuai kebutuhan. Kemudian, esensi dari KKPD itu sendiri tentunya dapat membuat pengelolaan keuangan daerah menjadi lebih akuntabel, transparan, lebih cepat, birokrasi tidak terlalu panjang dan yang terpenting potensi terjadinya fraud bisa diminimalisir. 

”Dengan menggunakan KKPD dapat mempersingkat administrasi karena bisa tinggal gesek saja. Selain itu, setiap detail pembelanjaan melalui KKPD dapat terekam semua sehingga ini bisa menjadi benteng untuk pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan akuntabilitas kepada masyarakat,” paparnya. 

Adapun dalam hal ini Bank Jatim bekerja sama dengan Bank BNI untuk penyediaan jasa penerbitan KKPD.

Zulhelfi juga mengatakan, implementasi digitalisasi keuangan daerah telah menjadi urgensi di era seperti sekarang ini. Sebab dengan adanya digitalisasi, dapat mendukung tata kelola keuangan daerah yang efektif dan efisien guna mendorong transparansi serta percepatan transaksi pemerintah daerah. 

”Sebagai informasi, penggunaan KKPD oleh pemerintah daerah ini sudah diwajibkan oleh pemerintah pusat. Nah, KKPD tersebut dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas belanja yang dibebankan pada APBD. Ini membuktikan bahwa Bank Jatim siap untuk mendukung program kerja pemerintah daerah. Kami berharap semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut ke depannya dan bisa membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Bondowoso dan Jawa Timur,” ungkap Zulhelfi.

Sementara itu, Bambang Soekwanto menuturkan, penggunaan KKPD di Kabupaten Bondowoso akan terus didorong  sehingga seluruh perangkat daerah dapat menggunakannya. 

Pihaknya berharap dengan adanya KKPD ini dapat meningkatkan serapan anggaran di Kabupaten Bondowoso. 

”Yang terpenting lagi perangkat daerah yang menyelenggarakan KKPD ini juga harus mengawasi penggunaannya. Dan kami juga berharap penggunaan KKPD bisa melibatkan produk lokal terutama dalam pengadaan belanja barang dan jasa,” ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES