Ekonomi

Ribuan Orang dari Berbagai Kota Serbu Pasar Heppiii 2024

Selasa, 11 Juni 2024 - 19:37 | 19.10k
Gelaran pasar Heppii 2024 yang digelar diberbagai daerah di Indonesia. (Istimewa)
Gelaran pasar Heppii 2024 yang digelar diberbagai daerah di Indonesia. (Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANGPasar Heppiii 2024 digelar di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Kalimantan, Jawa Tengah, DIY, serta Jawa Timur. Kegiatan ini berangkat dari inisiatif karang taruna dan komunitas anak-anak muda yang tergabung dalam 76 Heppiii Community.

Pasar Heppiii 2024 sukses dilaksanakan sepanjang bulan Mei 2024 kemarin. Total ada puluhan kota yang menggelar kegiatan ini secara serentak. Untuk Jawa Timur, Pasar Heppiii 2024 dilaksanakan di 15 kota, seperti Banyuwangi, Malang, Bojonegoro, Jember, Jombang, Kediri, dan lainya.

Koordinator 76 Heppiii Community Tingkat Nasional, Ronald Theo Lesmana mengatakan kegiatan Pasar Heppiii ini selalu konsisten digelar setiap tahun dengan menggelar berbagai kegiatan seperti pasar murah dengan menyediakan berbagai sembako, kemudian tampilan kesenian, hiburan rakyat, syukuran warga, dan kegiatan kebersamaan warga desa serta anak muda lainnya.

"Pasar Heppiii merupakan gerakan dari anak-anak muda di berbagai daerah di Indonesia. Kami sangat mengapresiasi komunitas anak muda Heppiii Community dengan kegiatan Pasar Heppiii. Kegiatan ini merupakan inisiatif yang luar biasa untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau," kata Ronald pada Selasa (11/6).

Kata dia semangat gotong royong khas warga desa sangat terlihat dalam kegiatan tersebut. Pasar Heppiii ini menurutnya juga memberikan dampak positif bagi masyarakat desa, baik dari segi ekonomi maupun sosial.

Gelaran-pasar-Heppii-2024-a.jpg

Kegiatan dengan nuansa kearifan lokal juga banyak digelar, salah satunya oleh karang taruna (karta) Pohsangit Leres, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo dengan menampilkan kesenian Singo Wongso.

Hadirnya kesenian di Pasar Heppiii 2024 ini sukses menyedot perhatian ratusan orang untuk datang ke lokasi menikmati sajian budaya sambil menggelar kegiatan sembako murah.

"Kesenian Singo Wongso ini dimainkan dengan menggunakan alat musik gamelan, lalu ada penarinya, kami mengucapkan terima kasih kepada Heppiii Community yang telah mewadahi kegiatan ini," kata Ketua Karta Pohsangit Leres, Probolinggo, Abdul Khalim.

Di Probolinggo ada enam desa yang menggelar kegiatan Pasar Heppiii 2024 yakni di Karta Brumbungan Lor, Boto, Binor, dan lainya

Panitia pelaksana Pasar Heppiii 2024 Madiun Raya Anggit Putranto MP mengatakan di wilayahnya ada tujuh desa menggelar kegiatan ini, yakni Karta Kapas Winong Desa Tanjungsepreh, ⁠Karta Baleasri Desa Baleasri, ⁠Karta Dasamulya Desa Candimulyo, ⁠Karta Ridho Pangeran Desa Plumpung, ⁠Karta Pemuda Ngrancang Bergerak Desa Mantingan, Karta Bintang Muda Desa Sidomakmur & Karta Mandiri Desa Bader.

"Di tempat kami ada kegiatan penjualan sembako yang dilaksanakan oleh karta di desa masing-masing, ada beras, gula, minyak, Kopi Gadjah dan doorprize juga. Ada ratusan warga yang meramaikan kegiatan ini," jelasnya.

Di Banjarmasin juga digelar kegiatan yang sama, kegiatan Pasar Heppiii 2024 ini dilaksanakan oleh Karta Tunas Muda Landasan Ulin, Banjarmasin. Ada berbagai kegiatan yang digelar seperti menjual sembako tebus murah hingga menyediakan hiburan karaokean kepada pengunjung.

"Kegiatannya digelar bersamaan dengan adanya pasar malam di sana. Jadi kegiatannya sangat meriah. Kami ucapkan terima kasih kepada karta karena sebelum kegiatan dan saat kegiatan bersama-sama gotong royong menyiapkan semua, mereka sangat kompak," jelas koordinator Heppiii Community Banjarmasin Saldinor.

Pasar Heppiii ini adalah lanjutan dari kegiatan Ramadhan Heppiii yang kegiatannya fokus pada renovasi fasilitas umum seperti gapura, pos ronda, pemasangan lampu penerangan jalan hingga renovasi musala dan masjid. Kini saat Pasar Heppiii 2024, lebih fokus pada sembako murah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES