Ekonomi

Jangan Cemas! Stok Elpiji 3 Kg di Majalengka Aman Saat Idul Adha

Sabtu, 15 Juni 2024 - 12:53 | 55.75k
Penjabat Bupati Majalengka, Dedi Supandi sidak ke SPBE elpiji 3 kg. (FOTO: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)
Penjabat Bupati Majalengka, Dedi Supandi sidak ke SPBE elpiji 3 kg. (FOTO: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Kebutuhan elpiji 3 kg di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pada lebaran Idul Adha 2024 diprediksi akan alami kenaikan hingga 100 persen dari 52.000 per hari meningkat menjadi 104.000 ton.

Kendati demikian, Pemkab Majalengka, memastikan persediaan elpiji di Bumi Sindangkasih dalam rangka perayaan Hari Raya Qurban aman untuk memenuhi permintaan masyarakat Kota Angin.

"Kami pastikan persediaan elpiji 3 kilogram dalam kondisi aman dan mampu untuk memenuhi permintaan masyarakat dalam merayakan lebaran Idul Adha,” kata Penjabat Bupati Majalengka, Dedi Supandi, Sabtu (15/6/2024).

Ia juga mengimbau masyarakat untuk membeli elpiji 3 kg di pangkalan resmi Pertamina agar bisa mendapat harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah setempat.

"Masyarakat juga diimbau untuk bijak dalam menggunakan elpiji 3 kilogram dengan tidak menimbun dan menjual kembali elpiji 3 kilogram yang juga merupakan barang bersubsidi," katanya.

Disamping itu, berdasarkan pantauan harga sejumlah kebutuhan pokok, mulai dari bawang merah hingga beras di Pasar Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, turun menjelang Idul Adha.

Padahal, menurut dia, beberapa pekan lalu harga bawang merah sempat menembus Rp 60 ribu per kilogram. Dari harga itu, sempat turun ke angka Rp 48 ribu. 

"Kami bersyukur harga kedua komoditas penyumbang inflasi tersebut mulai turun di saat menjelang Idul Adha seperti sekarang ini," ujar Dedi Supandi.

Pasalnya, kata dia, pada momen Idul Adha biasanya kebutuhan masyarakat meningkat dan memicu kenaikan harga yang dikhawatirkan menimbulkan inflasi.

"Namun, dari hasil pemantauan di Pasar Rajagaluh, Majalengka, harga berbagai komoditas pokok lainnya juga dipastikan relatif stabil. Termasuk hasil sidak ke SPBE di jalan raya Cigasong - Sukahaji, bahwa persediaan elpiji 3 kilogram dalam kondisi aman dalam menghadapi Hari Raya Idul Adha 2024 ini," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES