Entertainment

Otong Koil, Musisi Sang Penghancur Gitar di Setiap Aksi Panggungnya

Minggu, 28 Agustus 2022 - 13:35 | 51.02k
Otong Koil saat membanting gitarnya di atas panggung. (Foto: rocknation/TIMES Indonesia)
Otong Koil saat membanting gitarnya di atas panggung. (Foto: rocknation/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Aryo Verdijantoro atau biasa dikenal sebagai Otong, merupakan vokalis dari band rock legenda Indonesia, yakni Koil. Perjalanan musik Otong Koil, memiliki kesan yang cukup diingat oleh para fansnya, salah satunya ia selalu membanting gitar hampir di setiap panggung yang ia injaki.

Melalui Podcast Naik Clas di channel YouTube Authenticity ID, Otong Koil mengungkapkan kepada Soleh Solihun seberapa banyak ia membanting gitar disetiap penampilannya.

Advertisement

Sepanjang karirnya sejak manggung bersama Koil di tahun 1995 hingga saat ini, setidaknya Otong Koil pernah membanting 30 gitarnya di depan para penonton.

Tapi, ia menyebutkan bahwa lebih banyak memberikan gitarnya kepada fans dibandingkan membanting gitarnya.

"Dalam waktu dari awal Koil manggung tahun 95 sampai hari ini hanya 30an (gitar yang dibanting), kalau yang gua kasih ada 300an (gitar)," ujar Otong Koil saat ditanya oleh Soleh Solihun di Podcast Naik Clas.

Tentunya, sepanjang karir ia melakukan aksi membanting gitar di panggung, Otong mengalami luka-luka karena hal tersebut. Akan tetapi, lanjut Otong, hal itu lumrah terjadi.

Apalagi, aksi membanting gitar dari Otong Koil juga pernah dilakukan pada festival-festival musik besar, seperti JogjaROCKarta Festival hingga Hammersonic Festival.

"Ya selalu (mengalami luka saat membanting gitar). Pasti luka itu," katanya.

Namun, tak ada motivasi apapun Otong Koil kerap kali melakukan aksi membanting gitar diatas panggung. Menurutnya, hanya sebatas 'keren' saja bisa membanting gitar saat manggung.

"Gua merasa gaya aja. Merasa sangat keren melakukan itu," ungkap Otong sambil tertawa kecil.

Saat ditanya siapa yang memotivasinya untuk melakukan aksi membanting gitar, Otong tak mengingat secara detail siapa.

Pastinya, tontonan video musik di era 80an lah yang menginspirasinya untuk melakukan hal itu.

"Kita kan gede di video musik 80an. Jaman itu banyak banget band-band rock yang ngelempar gitar, tapi gua gak inget persisnya band apa (yang memotivasi Otong)," tuturnya.

Tapi ada satu musisi legenda dunia yang menginspirasinya melakukan hal tersebut. Musisi tersebut adalah Kurt Cobain dari band Nirvana.

Band Grunge asal Washington, Amerika Serikat juga dikenal dengan aksi-aksi gila sang vokali di setiap panggungnya.

Otong-Koil-2.jpgOtong saat memegang gitarnya yang sudah hancur usai dibanting. (Foto: Kapanlagi/TIMES Indonesia)

"Mungkin Kurt Cobain itu lah ya yang sering ngancur-ngancurin gitarnya," imbuh Otong.

Tak hanya itu, selain Koil dan juga Nirvana, ternyata ada dua band dunia lain yang memang juga gemar membanting gitarnya, yakni Metallica dengan kesan yang membekas adalah aksi sang gitaris, Kirk Hammet yang tak hanya membanting gitar, namun menghancurkannya dengan palu.

Kemudian ada Greenday, tak hanya membanting gitar saja, namun drum pun pernah dibakar oleh sang drummer saat manggung. Lalu terakhir, ada Muse yang pernah menghancurkan 140 gitarnya saat tur.

Tapi ada yang berbeda dari konsep membanting gitar yang dilakukan Otong yang terinspirasi dari Kurt Cobain.

Ia pernah membaca sebuah artikel bahwa Kurt Cobain yang selalu melakukan aksi membanting gitarnya ataupun merusak sejumlah alat musik lain, memiliki teknisi yang difungsikan untuk membetulkan alat musik yang dihancurin oleh Kurt Cobain.

Dari situlah, mindset Otong Koil pun berubah seketika. Bukan membanting gitar hanya untuk sekedar gaya, tapi aksi tersebut pun akhirnya didasari bahwa membanting gitar juga bisa dibenerin, lalu dipakai kembali untuk dibanting lagi.

"Kurt Cobain selalu ngancurin gitarnya, itu ada teknisinya yang betulin gitar itu. Kurt Cobain kan gitarnya jelek-jelek semua itu," jelasnya.

"Jadi inspirasinya sebetulnya bukan ngancurin gitarnya, tapi ngebenerin gitarnya. Jadi gua cari mekanik yang bisa cepet benerin itu (gitar)," imbuhnya.

Otong menyebutkan bahwa selama ia berkarir sebagai vokalis Koil, tak ada momen manis yang dialami.

Sebab, ia menjadi musisi hanya karena ingin menyalurkan seluruh ekspresinya dan tentu untuk mencari penghasilan untuk hidupnya dan sekitar.

Menariknya, Otong sempat mengatakan bahwa dirinya berusaha mencari uang melalui musik ini hanya untuk membantu orang lain.

"Gua senang melakukannya, dapat duit yang lumayan buat hidup. Kesimpulannya, hidup gua berusaha punya duit untuk bantuin orang," pungkas Otong Koil.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES