Entertainment

Risiko Alzheimer, Chris Hemsworth Umumkan Hiatus

Selasa, 22 November 2022 - 13:29 | 17.06k
Risiko Alzheimer, Chris Hemsworth Umumkan Hiatus
Chris Hemsworth umukan haitus setelah menuntaskan dokumenter Limiteless. (FOTO: AFP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/ALBERTO E. RODRIGUEZ)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aktor Chris Hemsworth umumkan akan hiatus dalam dunia hiburan karena punya risiko alzheimer

Dikutip dari laman Fox News, pemeran Thor mengaku belum siap untuk meinggalkan dunia.

"Melakukan episode tentang kematian dan menghadapi kematianmu sendiri membuatku berkata Ya Tuhanm aku belum siap untuk pergi," ungkapnya. 

Chris juga ingin menikmati hidup bersama istri dan tiga anaknya. Ia tak mau menyianyiakan waktunya sebelum akhirnya anak-anaknya dewasa dan pindah dari rumah. 

Chris-Hemsworth-1.jpgChris Hemsworth bersama anak-anaknya. (FOTO: ig @chrishemsworth)

 "Ya Tuham ,mereka semakin tua, mereka tumbuh dewasa dan saya terus menampir film lain diatas film lain, sebelum Anda menyadarinya, mereka berusia 18 tahun dan mereka telah pindah dari rumah," imbuh pria 39 tahun itu. 

Chris Hemsworth menyadari bahwa dirinya punya risiko alzheimer, saat proses syuting serial dokumenter 'Limetless' yang diproiduksi Disney+.

Seri keenam bagian ini, Chris menguji batas fisik dan mentalnya saat mengeksplodari cara memerangi penuaan dan memperpanjang usia. 

Saat syuting, ia menyadari bawa dirinya 8-10 kali lebih mungkin daripada rata-rata orang lain untuk terkena alzheimer. 

Pada episode kelima ia menjalani serangkaian tes genetik yang dipandu oleh Dr. Peter Attia. "Kami memiliki setiap tes darah yang bisa dilakukan. Dan kamu punya dua salinan APOE4. Satu set dari ibumu dan satu set dari ayahmu," jelas Peter pada Chris. 

APOE4 merupakan gen yang punya korelasi paling kuat dengan perkembangan penyakit alzheimer, namun tidak banyak yang diketahui tentang gen ini.

Dalam hal tersebut, Chris juga mengaku bahwa kakeknya juga mengidap alzheimer. 

Meski demikian, Peter menyebut Chris masih bisa mengurangi risiko jika dirinya segera mengambil langkah. 

Alzheimer merupakan adalah gejala yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak yang mempengarui memori, keterampilan berpikir, dan kesehatan mental. 

Poster-Chris-Hemsworth-1.jpgPoster dokumenter Limitless yang dibintangi Chris Hemsworth

Penyakit alzheimer terjadi saat protein otak gagal berfungsi secara normal, sehingga menganggu kinerja sel otak (neutron). 

Dikutip dari Halodoc, ada dua protein yang menjadi penyebab utama alzheimer, yaitu Beta-amiloid, pengendapan protein ini menimbulkan efek beracun yang dapat menganggu komunikasi antara sel otak. 

Lalu protein Neurofibril, adalah protein yang berpesan dalam membawa nutrisi ke dalam sel otak. Jika tak sesuai jalur, dapat mengganggu proses pengiriman nutrisi yang memicu efek beracun bagi sel otak. 

Faktor risiko alzheimer sendiri bisa didapat dari genetika. Karena itulah Chris Hemswort punya risiko tinggi terkena alzheimer, karena kakeknya juga mengidap alzheimer. Selain faktor genetika, usia juga mempengaruhi risiko alzheimer. 

Chris Hemsworth memutuskan hiatus setelah menuntaskan progran dokumenter Limitless. Ia mengaku film dokumenter ini banyak memberinya inspirasi untuk perubahan signifikan dalam hidupnya. Disney+ juga menawarkan untuk memotong hasil tesnya dari episode tersebut. Limitless sendiri sudah tayang di Disney+ sejak 16 November lalu. (*)


 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES