Entertainment

5 Lagu OST Reply 1988, Ada yang Dinyanyikan Park Bo Ram

Minggu, 14 April 2024 - 10:53 | 64.23k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penggemar drama Korea pasti tidak asing dengan Reply 1988. Drakor yang tayang tahun 2015 - 2016 itu bahkan menjadi drama terbaik sepanjang masa versi TvN. 

Tak hanya alur cerita yang menarik, serta didukung pemeran terbaik, drama ini juga mendapat nilai plus dari lagu atau original soundtrack. Lagu-lagu dalam drama tersebut memang bikin sensasi 'nyes' pada pendengarnya. Terlebih lagi semua lagu itu relate dengan alur cerita. 

Kemarin ada berita duka, Park Bo Ram salah satu penyanyi OST Reply 1988 berjudul Hyehwadong atau Ssangmundong meninggal dunia. Ia ditemukan tidak sadarkan diri di rumah salah satu kawannya.

Park Bo Ram sempat mendapat pertolongan pertama dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Universitas Hanyang di Guri. Namun nyawanya tak tertolong. Saat ini kematian penyanyi itu tengah diselediki polisi dan National Forensic Service (NFS). 

Park Bo Ram menyanikan lagu berjudul Ssangmundong dengan sangat apik. Pada wawancara dengan media setempat ia mengaku bisa mendalami lirik lagu dengan baik. "Begitu mendengar lagu ini untuk pertama kali, saya langsung bisa menjiwainya. Hingga tak sulit bagi saya untuk membawakannya," jelasnya saat perilisan single Ssamundong sebagai ost Reply 1988. 

Selain itu, ia juga bangga, sebab ia (yang saat itu sebagai newbie) bisa menyanyikan ost Reply 1988 bersama dengan penyanyi papan atas lainnya, seperti Kim Feel, King Chang Wan, dan Sojin. 

Hampir semua lagu dari Reply 1988 sukses. Bahkan setelah drama itu tamat, pihak TvN menggelar konser yang menampilkan aktor dan penyanyi ost Reply 1988. Lagu-lagu itu juga masih diperdengarkan hingga saat ini. 

Nah berikut ost Reply 1988 dengan lirik dan nada yang 'nyes' saat didengarkan kembali. 


Ssamundong atau Hyewahdong - Park Bo Ram

Judul lagu ini diambil dari nama gang yang ditinggali oleh Deok Sun dan kawan-kawannya. Meski bukan soundtrack utama, namun lagu Ssamundong dinilai paling ikonik di banding lagu lainnya. 

Terlebih di bangian intro yang paling khas. Siapapun ketika mendengar intro lagu Ssamundong pasti langsung teringat geng Ssamundong, yaitu Deok Sun, Jung Hwan, Sun Woo, Choi Taek, Dong Ryong. 

Sesuai dengan judulnya, lagu ini mengisahkan keseruan persahabatan geng Ssamundong sejak kanak-kanak hingga dewasa. Termasuk kehangatan kehidupan bertetangga di kawasan tersebut. 


Youth - Kim Feel dan Kim Chung Wan

Youth yang menjadi sountrack utama dan pertama dari Reply 1988. Lagu ini dinyanyikan secara duet oleh Kim Feel dan Kim Chung Wan. 

Dalam drama, lagu ini diputar saat adegan sedih hingga membuat penonton makin baper dengan drama tersebut.

Lirik Youth menceritakan tentang seseorang yang tidak bisa melupakan masa lalunya. Masa lalu digambarkan seperti bunga yang mekar, hingga kemudian mati, dan tidak bisa kembali lagi. Seperti itulah masa lalu, kita tidak pernah bisa kembali lagi pada masa itu.


Violet Fragrance - Wable 

Lagu dengan tempo ngebeat ini menjadi pelengkap soundtrack Reply 1988 lainnya. Violet Fragrance soundtrack yang menggambarkan kisah cinta masa muda yang berbunga-bunga. 
 
Lagu ini kali pertama diperdengarkan dalam drama saat Sun Bo Ra menerima cinta Sun Woo. Kisah second lead itu memang penuh drama, salah satunya karena Sun Bo Ra tiga tahun lebih tua dibanding Sun Woo. 

Belum lagi sifat keduanya yang sama sekali berbeda. Meski kisah cinta mereka sempat kandas, namun akhirnya mereka happy ending.  


Let's Forget It - Yeo Eun of Melody Day

Jangan tertipu dengan nada lagu yang terdengar ceria ini. Sebab jika didalami liriknya sangat menyentuh. 

Let's Forget It menceritakan perpisahan kekasih dan berharap bisa segera move on demi kehidupan yang lebih baik. 

Lagu ini menggambarkan perjalanan cinta karakter utama Deok Sun yang cinta pertamanya pada Sun Woo harus kandas. Ia sulit menerjemahkan perasaan Jung Hwan. Selain itu, Let's Forget It juga menggambarkan kisah cinta Sun Bo Ra dan Sun Woo yang sempat breakup. 


Everyday With You - Sojin Girls Day

Lagu sukses bikin nyes pendengar. Dengan nada yang tenang, lagu ini menceritakan keinginan seseorang untuk selalu bersama setiap hari. Nah sesuai banget ya dengan judulnya.  

Pada drama Reply 1988, Everyday With You menggambarkan kisah persahabatan geng Ssamundong. Mereka yang telah berkawan sejak masih kecil hingga dewasa selalu menyempatkan untuk berkumpul bersama. Bahkan mereka berharap setiap hari bisa bertemu. 

Sedangkan dari sisi roman, lagu ini menggambarkan kisah cinta segitiga antara Jung Hwan, Choi Taek dan Deok Sun. Hingga saat ini masih banyak penonton yang gamon sebagai tim Jung Hwan dan tim Choi Taek. Hhmm, kamu tim mana nih TIMES Lovers? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES