Entertainment

Tembus 2 Juta Penonton, Ini Fakta Menarik Film Siksa Kubur

Sabtu, 20 April 2024 - 14:19 | 72.95k
Joko Anwar, sutradara film horor Siksa Kubur. (FOTO: Kompas)
Joko Anwar, sutradara film horor Siksa Kubur. (FOTO: Kompas)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Film Siksa Kubur sukses mendominasi penonton. Tayang sejak 11 April lalu, film besutan Joko Anwar ini sudah tembus 2 juta penonton. 

Jumlah itu akan terus bertambah seiring dengan ramainya obrolan tentang Siksa Kubur di media sosial. Ya, film Siksa Kubur menjadi topik pembicaraan diberbagai media sosial.

Bahkan dibahas pula beberapa fakta menarik yang bikin makin penasaran, bahkan bagi mereka yang sudah nonton terlebih yang belum sama sekali. 

Berikut fakta menarik dan unik dari film Siksa Kubur.


Horor Edukasi 

Penonton sepakat, Siksa Kubur ini adalah horor edukasi yang dihadirkan oleh Joko Anwar. Banyak pendidikan moral yang dapat diambil dari film ini. 

"Kalau Anda mo nonton film horor dengan hantu menyeramkan dan jump scare yang ngagetin, jangan nonton ini. Siksa Kubur adalah horor psikologi yang harus ditonton, banyak pelajaran yang dapat dipetik," kata pengguna instagram. 

Komen tersebut disahut dengan komentar lainnya. "Siksa Kubur film horor (X) Film Edukasi (V)". 


Film interaktif 

Joko Anwar sang sutradara dengan bangga menyebut Siksa Kubur adalah film interaktif bioskop pertama di Indonesia. 

"Ya, film Siksa Kubur ini interaktif di ending. Jadi kalau misalnya kita tidak melakukan sesuatu di filmnya akan.. Susah ngomongnya dari pada spoiler," tegasnya. 

"Pokoknya kita harus terlibat dalam film ini, terutama diending," ujarnya pada jumpa pers beberapa waktu lalu. 

Hmm, makin bikin penasaran yaa gimana endingnya. 


Sound yang Spektakuler

Karya Joko Anwar nggak pernah kaleng-kaleng. Termasuk dalam sound atau tata suara yang dipakai untuk film Siksa Kubur ini. 

Alih-alih menggunakan jump scare untuk ngagetin penonton, Joko Anwar membuat elemen musik yang megah dengan nuansa magis. Dijamin sukses bikin merinding. 

Ingat film Pengabdi Setan 2? Nah semirip itu. 


Terowongan Juliana yang ikonik

Terowongan-Juliana.jpg

Salah satu adegan paling ikonik saat Adil dan Sita masuk dalam sebuah terowongan. Ternyata terowongan tersebut adalah cagar budaya di Pangandaran, Jabar. 

Namanya terowongan Juliana yang dibangun pada tahun 1913-1916. Konon, terowongan itu memang seram. Banyak warga sekitar yang mengaku pernah mendengar jeritan perempuan atau melihat sosok noni Belanda. 

Joko Anwar sendiri yang melakukan survei ke lokasi tersebut. Joko mengaku melakukan pencarian terowongan sampai enam bulan lamanya. Hingga dipilihlah terowongan Juliana itu.


Sudah diincar beberapa negara

Siksa Kubur sudah diincar untuk tayang dibeberapa negara. Melihat kesuksesan Joko Anwar dengan Pangabdi Setan, beberapa negara itu sudah mengajukan izin untuk memutar Siksa Kubur. 

Namun rumah produksi belum memutuskan, negara mana saja yang akan menayangkan film Siksa Kubur. 

Film ini dibintangi oleh Reza Rahadian, Faradina Mufti, Slamet Rahardjo, Christine Hakim, Happy Salma, Fachri Albar, Widuri Puteri dan lainnya 
Hmm, makin penasaran yaa TIMES Lovers. Mumpung akhir pekan nih, gas ke bioskop yuk nonton Siksa Kubur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES