Flash News

99 Calon Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Probolinggo Gugur Sebelum Berperang

Minggu, 16 Oktober 2022 - 17:46 | 23.25k
99 Calon Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Probolinggo Gugur Sebelum Berperang
Zaini Gunawan, saat melakukan pemantauan dalam ujian kompetensi sistem CAT yang dilaksanakan di UNUJA. (Foto: Bawaslu Kabupaten Probolinggo)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Tahapan rekrutmen Panwaslu Kecamatan di Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, sudah sampai pada babak uji kempetensi menggunakan sistem CAT. Selama ujian berlangsung, puluhan peserta tak ikuti ujian. Bahkan dua peserta lain dikelurkan lantaran ketahuan browsing jawaban di internet.

Dua peserta yang dikeluarkan dari ruangan ujian tersebut terjadi pada hari pertama, Sabtu (15/10/2022). Sedangkan di hari kedua, Minggu (16/10/2022), ujian berjalan lancar tanpa ada peserta yang melanggar aturan. Selama dua hari pelaksanaan, sebanyak 97 peserta tidak mengikuti ujian.

Ketua Pokja Rekrutmen Panwaslu Kecamatan pada Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Zaini Gunawan menyampaikan, dari total peserta yang lolos verifikasi, sebanyak 735 peserta, sebanyak 97 di antaranya tidak mengikuti ujian test CAT. 2 peserta lainnya diketahui melakukan pelanggaran saat ujian berlangsung.

Zaini menyebut, pelanggaran yang dilakukan dua peserta itu berupa mencari jawaban soal di halaman browser. Beruntung, segera terciduk oleh petugas yang berjaga saat itu. Sehingga kedua peserta langsung mendapat tindakan tegas dengan dikeluarkan dari ruang ujian.

"Aturannya kan hanya layar CAT yang boleh dibuka, dan ini buka tab baru. Makanya kami finish kan, kami keluarkan. Dan setelah kami cek, sudah banyak browsingannya untuk mencari jawaban," tutur Zaini saat dikonfirmasi.

Panwaslu-Kecamatan-4.jpg

Atas hal tersebut, pihaknya akan membuat surat laporan terkait pelanggaran yang dilakukan oleh dua peserta tersebut kepada Bawaslu RI. Dengan demikian, keduanya akan sulit untuk lolos ke tahapan selanjutnya.

"Semisal yang kami temukan tadi baru mengerjakan 50 soal, ya 50 soal itu sudah ditunggu hasilnya. Dan itupun belum tentu benar semua kan. Laporannya juga akan kami buatkan," ujarnya.

Selain dari dua peserta itu, pihaknya juga mencatat dalam pelaksanaan CAT ini terdapat 97 peserta yang tidak hadir. Otomatis, mereka sudah dipastikan gugur dan tidak bisa melanjutkan pada tahap berikutnya.

"Hasil dari test ini akan segera diumumkan. Bagi namanya yang tercantum akan melanjutkan pada tahap berikutnya," ungkap pria berkumis tebal itu.

Sebelumnya diberitakan, rekrutmen panwaslu kecamatan telah ditutup dan akan memasuki tahap seleksi uji kempetensi. Untuk menghadapi itu, Bawaslu Kabupaten Probolinggo telah menyiapkan 90 PC Komputer untuk uji kompetensi melalui sistem Computer Assisted Test (CAT). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES