Flash News

Hari Ini Jokowi Terbang ke Jepang Ditemani Luhut, Ini Agendanya 

Jumat, 19 Mei 2023 - 14:12 | 66.32k
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo bertolak ke Hiroshima, Jepang untuk Hadiri KTT G7, 19 Mei 2023. (FOTO: Humas Setkab/Jay)
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo bertolak ke Hiroshima, Jepang untuk Hadiri KTT G7, 19 Mei 2023. (FOTO: Humas Setkab/Jay)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari ini Presiden Jokowi (Joko Widodo) terbang ke Hiroshima, Jepang, Jumat (19/5/2023).

Dalam agenda ke luar negeri ini, Kepala Negara ditemani oleh istrnya yakni Iriana, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Salah satu agenda Presiden Jokowi ke Jepang yaitu untuk memenuhi undangan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 dengan negara mitra atau G7 Outreach Summit tahun 2023.

"Saya bersama Ibu Negara dan delegasi terbatas akan berangkat ke Hiroshima di Jepang dalam rangka menghadiri undangan Presiden G7 yaitu Perdana Menteri Kishida Jepang," kata Presiden Jokowi dikutip dari laman resmi Setkab RI.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, dalam pertemuan tersebut nantinya akan dibahas berbagai permasalahan global seperti perubahan iklim, pangan, energi, dan lainnya. Ia menyebut, Indonesia ingin berkontribusi di bidang-bidang tersebut.

Indonesia, lanjut Jokowi, akan membawa suara dari global south yang intinya negara-negara berkembang harus didengarkan, bukan hanya negara maju dan negara besar saja.

"Jadi negara-negara berkembang harus didengarkan di dalam forum itu. Keinginan kita kira-kira itu," jelasnya.

Terkait hal itu, ia menyebut beberapa poin hasil dari KTT ke-42 ASEAN yang berlangsung di Labuan Bajo juga akan dibawa oleh Presiden Jokowi. "Berkaitan dengan Myanmar misalnya," ujarnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga diagendakan untuk melakukan pertemuan dengan sejumlah pimpinan negara. Ia juga akan bertemu dengan beberapa kalangan pengusaha besar di Jepang dalam format forum bisnis.

Sekadar informasi, Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia. Ia direncakan tiba kembali ke tanah air pada Minggu (21/5/2023) nanti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES