Foto

Aktifitas Vulkanik Gunung Semeru

Rabu, 23 November 2022 - 11:07 | 17.01k

TIMESINDONESIA, LUMAJANG – Gunung Semeru di Jawa Timur kembali menyemburkan material abu vulkanik pada Selasa (15/11/2022) yang lalu.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Semeru menyatakan setinggi 3.676 mdpl ini berada pada tingkat aktivitas level III atau siaga. Untuk itu, masyarakatdiimbau tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara, sepanjang Besuk Kobokan, atau sejauh 13 kilometer dari puncak atau pusat erupsi.

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi awan panas dan aliran lahar.

Selain itu, masyarakat, pengunjung, atau wisatawan juga diminta untuk tidak beraktivitas dalam radius lima kilometer dari puncak Gunung Semeru karena rawan bahaya lemparan batu (panas).

Sebelumnya, aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa ini menyebabkan banjir lahar. Dalam peristiwa ini, dua truk penambang pasir hanyut. Yang pertama terjadi di Sungai Kaliregoyo, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, pada 15/10/2022 dan yang kedua pada 20/10/2022 di Sungai Bondeli, Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang.

Gunung berapi memiliki tingkat status yang dibagi dalam empat level, yakni level aktif normal, waspada, siaga dan awas. (*)


Fotografer : Adhitya Hendra
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Adhitya Hendra
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES