Foto

Potret Nelayan Desa Les dalam Menjaga Kelestarian Laut

Jumat, 09 Desember 2022 - 20:11 | 130.08k

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Nelayan menjadi mata pencaharian utama bagi penduduk Desa Les, Buleleng, Bali. Sekitar 20 orang penduduk desa tersebut tergabung dalam kelompok nelayan Segara Gunung. 

Para nelayan ini menggunakan metode rumpon dan memancing langsung di laut, untuk menyambung hidup. Bulan baik, bulan dimana ikan sangat berlimpah menjadi bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh nelayan Desa Les.

Jika laut "tidak bersahabat" mereka tetap semangat memancing ikan daratan atau pinggiran meski ikan yang didapatkan tidak sebanyak dan sebesar saat memancing ditengah laut. 

Kini para nelayan lebih mengenal teknologi lewat program Nelayan Peduli sebagai pengelolaan perikanan berkelanjutan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN). YKAN mengenalkan CODRS pada nelayan Segara Gunung, sebagai upaya menjaga pelestarian laut. 

Crew-Operated Data Recording System (CODRS) adalah sistem pengumpulan data ikan hasil tangkapan nelayan. Pengumpulan data itu sendiri dilakukan oleh nelayan Desa Les. Dari data yang mereka kumpulkan mendorong praktik perikanan berkelanjutan.

Praktik perikanan berkelanjutan ini juga mendukung pengelolaan sumber daya pesisir dan perairan dalam melindungi keanekaragaman hayati Indonesia supaya penghidupan masyarakat dapat berkelanjutan. (*)


Fotografer : Tria Adha
Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Reaksi Anda
KOMENTAR

FOTO LAINNYA

KOPI TIMES