Gaya Hidup

7 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 03 Oktober 2019 - 07:02 | 257.46k
Teh Hitam. (FOTO: Pikiran Rakyat)
Teh Hitam. (FOTO: Pikiran Rakyat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain teh hijau, jenis teh yang tak kalah populer adalah teh hitam. Jenis teh ini memiliki rasa yang lebih kuat, dan mengandung lebih banyak kafein daripada teh lain. Teh hitam memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan.

Berikut beberapa manfaat teh hitam yang bisa didapat.

1. Meningkatkan fokus

Teh hitam mengandung kafein dan asam amino (L-theanine) yang dapat meningkatkan fokus dan waspada. L-theanine dapat meningkatkan aktivitas alfa di otak yang menghasilkan relaksasi dan fokus yang lebih baik. Teh hitam menjadi pilihan yang baik dalam meningkatkan fokus dan energi.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Polifenol yang ditemukan dalam teh hitam dapat membantu menjaga usus yang sehat, mendorong pertumbuhan bakteri baik, dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

Selain itu, teh hitam juga mengandung sifat antimikroba yang mampu membunuh zat berbahaya, dan meningkatkan kekebalan dengan membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan.

3. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian melibatkan peserta untuk mengonsumsi tiga cangkir teh hitam setiap hari selama 6 bulan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa para peserta yang minum teh hitam mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik. Namun, untuk mendapat manfaat ini diperlukan penyesuaian gaya hidup yang sehat.

4. Menurunkan 'kolesterol jahat' LDL

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi teh hitam dapat membantu mengurangi kolesterol LDL. Sebuah studi menunjukkan, minum lima cangkir teh hitam per hari membantu mengurangi 11 persen kolesterol LDL.

Selain itu, para peneliti juga menyimpulkan bahwa teh hitam membantu memperbaiki kadar kolesterol pada individu yang berisiko terkena penyakit jantung atau obesitas.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Teh hitam mengandung kelompok antioksidan lain, yaitu flavonoid. Kandungan ini bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi teh hitam selama 12 minggu dapat menurunkan trigliserida, kadar gula darah, dan menurunkan rasio plasma LDL/HDLsehingga terhindar dari penyakit jantung.

6. Mengurangi risiko stroke

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum teh hitam dapat membantu mengurangi risiko stroke. Orang yang mengonsumsi empat cangkir atau lebih teh hitam per hari memiliki risiko stroke 32 persen lebih rendah daripada orang yang tidak minum teh hitam.

Oleh sebab itu, jika keluarga Anda memiliki riwayat stroke maka sebaiknya konsumsilah teh hitam untuk mengurangi risiko.

7. Membantu mengurangi risiko kanker

Manfaat teh hitam untuk kesehatan lainnya adalah mengurangi risiko kanker. Polifenol yang terdapat pada teh hitam dapat membantu mencegah kelangsungan hidup sel kanker. Sebuah studi kesehatan menunjukkan bahwa teh hitam berperan dalam mengatur pertumbuhan sel kanker dan mengurangi perkembangan sel yang baru. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES