Gaya Hidup TIMES Ramadan

Tips Anti Bibir Kering Selama Puasa Ramadan, Bisa Tetap Cantik!

Senin, 04 April 2022 - 11:13 | 78.06k
ILUSTRASI - Mengatasi bibir kering selama berpuasa. (FOTO: Halodoc)
ILUSTRASI - Mengatasi bibir kering selama berpuasa. (FOTO: Halodoc)
FOKUS

TIMES Ramadan

TIMESINDONESIA, JAKARTABibir kering salah satu masalah yang kerap muncul saat bulan Ramadan. Saat puasa kita tidak makan dan minum selama 13-14 jam sehari.

Hal itu membuat bibir kering karena dehidrasi. Bibir yang kering tak hanya menganggu penampilan, namun juga membuat tak nyaman. Bibir akan terasa kasar dan mengelupas tak jarang menggoda jari jemari untuk menariknya. Eits jangan sampai ditariknya, nanti malah berdarah. 

Advertisement

Nah berikut cara mengatasi bibir kering selama berpuasa. 

Tetap terhidrasi
Menjaga asupan makanan dan minuman saat berbuka menjadi kunci agar bibir tetap lempab. Penuhi asupan cairan yangdibutuhkan oleh tubuh. 

Tak hanya minum air mineral, namun perbanyak juga sayur dan buah. Sangat disarankan untuk mengonsumsi buah yang mengandung banyak air. 

Hindari minuman berkafein saat buka maupun sahur. Sebab minuman berkafein bersifat diuretik yang menyebabkan kelembapan kulit berkurang. 

Eksfoliasi bibir
Bibir kering dan pecah-pecah terjadi karena menumpuknya sel kulit mati. Halitu dapat dicegah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. 

Manfaatkan madu
Anda juga dapat mengaplikasikan madu ke bibir setiap hari. Untuk mencegah madu tertelan sebaiknya oleskan madu saat malam hari. Cara ini akan membantu melembapkan bibir

Lip balm
Lip balm terkenal sebagai senjata ampuh untuk bibir kering. Jadi Anda dapat menggunakannya lebih sering dari hari biasanya. 

Pilih lip balm yang mengandung vitamin E, atau jojoba oil ya. Hindari lip balm yang mengandung menthol. Meski nyaman diawal pemakaian, namun menthol justru akan memperburuk kondisi bibir. 

Stop menjilat bibir
Secara tak sadar kita akan menjilat bibir jika terasa kering. Baiknya mulai sekarang jangan dilakukan ya. Sebab kebiasaan buruk itu akan membuat bibir makin kering. 

Yuk tetap puasa, tetap cantik, anti bibir kering selama Ramadan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES