Gaya Hidup

Komunitas Kolektif Kelas Bebas Gelar Pameran Lukisan di Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta

Selasa, 02 Agustus 2022 - 15:02 | 25.00k
Sejumlah Seniman hadir dalam acara pembukaan pameran lukisan di Greenhost Boutique Hotel (FOTO: Dita for TIMES Indonesia)
Sejumlah Seniman hadir dalam acara pembukaan pameran lukisan di Greenhost Boutique Hotel (FOTO: Dita for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Di penghujung pertengahan tahun 2022, Greenhost Boutique Hotel kembali menggelar pameran lukisan, bekerja sama dengan komunitas Kolektif Kelas Bebas atau KKB. Bertempat di Green Art Space, merangkul 13 seniman, dua di antaranya adalah guest artists.

Pameran lukisan yang bertajuk Punguti, Kelola, Karyakan digelar mulai 1 hingga 31 Agustus 2022. Sebanyak 15 lukisan dipamerkan dalam pameran  lukisan yang menceritakan tentang membangkitkan kesadaran tentang bagaimana lingkungan tempat kita berada telah memburuk.

Advertisement

Komponen plastik pada karya seni adalah tindakan resistensi, merupakan pengingat atas alam berikan kepada kita, dan apa yang kita berikan kepada alam sehingga tersinergi.

Ke-13 seniman tersebut yaitu Munir Al Sachroni, Adit Kribo, Genta Swarga, Surya Adiwijaya, Athallah Jiwa, Ageng Jatmiko, Vio, Bagus Tato, Warisman, Atho Illaha, Bagus Andreansyah, serta 2 guest artists Siska Lavegi dan Nabila. Mereka menampilkan beberapa karya lukisan dalam pameran ini.

Acara pameran lukisan pada Senin, (1/8/2022) dibuka oleh Deni Je Dosen ISI Yogyakarta dan Content Creator Painting Explorer, dengan Penulis Alya Gunara, dan akan dimeriahkan oleh penampilan musik dari Kepal SPI dan Berbunyi.

Adit Kribo perwakilan Kolektif Kelas Bebas (KKB) mengatakan pameran lukisan ini merupakan manifestasi dari proses estetika tentang bagaimana hubungan antara manusia dan alam itu seharusnya terbangun, yaitu sebuah kesatuan.

Namun dari hasil yang selama ini dilakukan manusia kepada alam utamanya lingkungan, hubungan yang terjadi adalah hubungan yang destruktif. Padahal harusnya manusia bisa berbagi kehidupan dengan semua makhluk hidup yang menjadi penghuni bumi ini.

"Pameran lukisan ini menjadi upaya kami untuk mengingat bahwa manusia tidak sendiri dan seharusnya hubungan yang terbangun dengan alam adalah hubungan yang konstruktif,” kata Adit kepada TIMES Indonesia, Selasa (2/8/2022)

Greenhost Boutique Hotel sendiri dipilih sebagai tempat perhelatan pameran lukisan, karena memiliki keselarasan dengan tema yang dipilih. Komunikasi yang terjalin baik juga menjadi salah satu alasan sehingga dapat menciptakan kolaborasi pameran lukisan tersebut.

Greenhost Boutique Hotel, yang mengusung konsep eco-conscious memiliki tema yang selaras dengan tema pameran lukisan kali ini.

"Kami sangat mengapresiasi kesempatan yang diberikan kepada kami sebagai venue penyelenggaran Pameran Lukisan Punguti, Kelola, Karyakan oleh KKB dan semoga perhelatan serupa bisa terus diadakan di hotel kami,” ujar Corporate General Manager Vivie Elizabeth.

Pameran Lukisan Punguti, Kelola, Karyakan sendiri rencananya akan digelar di Green Art Space, Greenhost Boutique Hotel dari 1 – 31 Agustus 2022. Untuk informasi detail mengenai pameran lukisan ini, dapat mengunjungi Instagram @greenhosthotel melalui email di [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES