Gaya Hidup

Tidur Nyenyak dan Nyaman dengan Langkah Sederhana Ini

Senin, 03 Oktober 2022 - 00:32 | 28.59k
Tidur Nyenyak dan Nyaman dengan Langkah Sederhana Ini
ILUSTRASI - Membaca dapat membuat tidur lebih nyenyak. (FOTO: Beauty Journal - Sociolla)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Padatnya aktivitas harian, beban hidup, dan stres bisa membuat orang susah untuk tidur nyenyak. Jika ini terjadi, Anda perlu mencari solusi yang tepat agar bisa tidur nyenyak dan nyaman. Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa Anda lakukan agar bisa tidur nyenyak sepanjang malam.

1. Minum teh

Minum teh hangat seperti teh daun kamomil pada malam hari dapat membuat tubuh terasa lebih relaks dan mempermudah transisi menuju istirahat. Meski demikian, hati-hatilah dalam memilih jenis teh karena ada beberapa jenis yang mengandung kafein yang cukup tinggi sehingga justru membuat Anda terjaga. Amannya, konsumsilah teh herbal, rooibos, atau teh putih.

2. Suplemen omega-3

Minum-suplemen.jpgFoto: orami photostock

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam “Journal of Sleep Research”, tambahan asupan omega-3 terbukti mampu membantu meningkatkan kualitas tidur pada kelompok subjek. Jadi, silakan konsumsi suplemen omega-3 Anda untuk tidur yang lebih baik!

3. Membaca

Siapa sangka, membaca sebelum tidur justru bisa mempermudah Anda terlelap. Namun, ini berlaku terutama pada bacaan fisik (membaca buku), bukan membaca lewat gawai. Ini karena paparan sinar biru dari perangkat elektronik harus dibatasi menjelang tidur. Apa lagi kalau bukan karena bisa mengganggu kualitas tidur!

4. Mendengarkan white noise

White noise merupakan suara dengan frekuensi tertentu yang menyerupai suara lingkungan yang sering kali tidak disadari. Misalnya suara pendingin ruangan atau suara pengering rambut. Contoh lainnya adalah suara angin, ombak, hingga hujan.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa white noise mampu membantu bayi yang baru lahir untuk tidur dengan nyenyak. Anda bisa mencoba memutar white noise melalui aplikasi atau layanan streaming di internet.

5. Mandi

Mandi.jpgFoto: popbela

Membiasakan mandi sebelum tidur tak akan mengganggu kualitas tidur Anda, justru sebaliknya. Mandi sebelum tidur dapat membantu Anda melepas penat sekaligus bisa dimanfaatkan untuk relaksasi. Tidur tentunya akan lebih nyenyak jika tubuh terasa bersih dan segar.

6. Mematikan lampu

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di “Journal of Clinical Endocrinology”, paparan terlalu banyak lampu sebelum tidur bisa secara signifikan menekan melatonin, hormon yang membantu Anda mengantuk. Oleh karena itu, selalu matikan lampu sebelum tidur untuk mempermudah Anda tertidur secara alami.

7. Perlu suhu yang tepat

Menurut banyak pakar tidur, suhu yang tepat untuk membantu mengoptimalkan istirahat malam adalah antara 15,5-20 derajat Celcius. Jadi, pastikan pendingin ruangan Anda ada di angka tersebut. Rentang suhu itu membuat suhu inti tubuh turun, sehingga memicu kantuk. Jika khawatir terbangun tengah malam karena kedinginan, pastikan untuk menyiapkan selimut atau pakaian tidur yang nyaman.

8. Mencium aroma tertentu

Aroma-Terapi.jpgFoto: hellosehat

Menghirup aroma yang menenangkan bisa membuat tidur malam Anda nyenyak. Menurut National Sleep Foundation, aroma tertentu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung, menciptakan efek menenangkan dalam tubuh. Hadirkan aromaterapi di area kamar, misalnya di atas bantal atau di tubuh sebagai salah satu ritual Anda sebelum tidur.

Melakukan kebiasan seperti di atas dapat menjadi salah satu cara untuk membantu agar bisa tidur nyenyak jika dilakukan dengan konsisten. Jaga selalu kuantitas dan kualitas tidur Anda agar senantiasa dapat beraktivitas maksimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES