Gaya Hidup

7 Pantangan saat Imlek yang Wajib Dihindari 

Jumat, 20 Januari 2023 - 08:15 | 119.13k
Barisan lampion merah menghias Klenteng Eng An Kiong Malang, Selasa (17/1/2023). (Foto: Ilham Asdika Surya P/TIMES Indonesia)
Barisan lampion merah menghias Klenteng Eng An Kiong Malang, Selasa (17/1/2023). (Foto: Ilham Asdika Surya P/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Perayaan Tahun Baru Imlek jatuh pada tanggal 22 Januari 2023.

Beragam cara dilakukan warga Tionghoa saat menyambut Tahun Baru Imlek, mulai dari menghias rumah dengan pernak-pernik khas Imlek hingga menyiapkan hidangan spesial.

Advertisement

Perayaan Imlek juga sering dijadikan momen untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Banyak sekali tradisi unik selama perayaan Imlek, salah satunya adanya pantangan Imlek atau sesuatu yang tidak boleh dilakukan selama Tahun Baru Imlek.

Pantangan ini sudah dijalankan secara turun temurun dari zaman nenek moyang hingga sekarang. Konon, ketika ada salah seorang yang melanggar pantangan tersebut akan mendatangkan sial atau malapetaka.

Rudi Phan, selaku ketua Klenteng Eng An Kiong Malang mengatakan, terdapat beberapa pantangan yang harus dihindari saat perayaan Imlek.

1. Menyapu rumah

Hal ini dipercaya dapat membersihkan semua rezeki dan keberuntungan. Menyapu rumah boleh dilakukan sebelum tahun baru Imlek dan dipercaya dapat membuang kesialan selama satu tahun ke depan.

2. Memakai pakaian warna hitam putih

Hal ini tidak diperbolehkan karena kedua warna tersebut diasosiasikan dengan kabar duka atau kegiatan melayat. Dianjurkan untuk tidak memakai kedua warna tersebut saat perayaan Imlek.

3. Berbicara kotor

Mengucapkan kata-kata negatif selama perayaan Imlek, dianggap bisa membawa sial. Sehingga, sangat dianjurkan untuk tidak bicara kotor saat perayaan Imlek.

4. Menangis

Menangis pada saat tahun baru Imlek dipercaya akan menimbulkan kesialan yang membuat pelaku sedih sepanjang satu tahun ke depan, namun pantangan ini tidak berlaku bagi anak kecil.

5. Mengucapkan kata negatif

Mengucapkan kata negatif, seperti kematian, kemiskinan, penyakit, dan hantu merupakan pantangan Imlek karena dipercaya dapat membawa kesialan.

6. Keramas

Keramas atau mencuci rambut tidak diperbolehkan saat Tahun Baru Imlek. Aktivitas mencuci rambut saat Imlek ini dipercaya dapat membersihkan keberuntungan.

7. Minum obat

Meminum obat saat perayaan imlek bagi masyarakat Tionghoa dipercaya mampu membawa penyakit untuk satu tahun ke depan. 

Itulah beberapa pantangan Imlek yang tidak boleh dilakukan saat tahun baru China agar tidak terkena sial. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES