Gaya Hidup

Panduan Merawat Pakaian Berbahan Jeans agar Awet dan Tahan Lama

Rabu, 09 Agustus 2023 - 02:24 | 129.10k
Gadis cantik menggunakan setelan jeans. (Foto: drobotdean/Freepik)
Gadis cantik menggunakan setelan jeans. (Foto: drobotdean/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pakaian berbahan jeans merupakan salah satu item fashion yang populer dan sering digunakan oleh banyak orang. Namun, banyak dari kita mungkin pernah mengalami masalah seperti warna jeans pudar, kain mengecil, atau bahkan rusak dalam waktu singkat. Untuk itu, penting untuk merawat pakaian jeans dengan benar agar tetap awet dan tahan lama.

Jeans adalah pakaian yang populer di seluruh dunia. Pakaian ini umumnya terbuat dari bahan denim yang kuat dan tahan lama. Jeans awalnya diciptakan pada abad ke-19 sebagai pakaian kerja yang tahan lama untuk para pekerja. Namun, seiring berjalannya waktu, jeans menjadi simbol gaya dan kenyamanan bagi banyak orang.

Pakaian ini datang dalam berbagai gaya, potongan, dan warna, serta sering menjadi pilihan untuk acara santai maupun gaya kasual. Jeans juga telah melampaui tren mode dan menjadi bagian penting dari budaya populer global. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda ikuti untuk merawat jeans anda tetap awet.

1. Gunakan mesin cuci dengan bijak

Saat mencuci pakaian jeans, pastikan untuk menghindari penggunaan deterjen yang terlalu keras. Gunakanlah deterjen yang sesuai dengan jenis kain dan hindari pemutih yang mengandung klorin. Jangan mencuci pakaian jeans terlalu sering. Jika jeans Anda tidak terlalu kotor, cukup digantung di udara segar untuk menghilangkan bau atau menyerahkan pada layanan dry cleaning jika diperlukan.

2. Cuci dengan suhu air yang tepat

Saat mencuci jeans, gunakanlah suhu air yang rendah atau cukup hangat. Suhu air yang terlalu panas dapat menyebabkan penurunan kualitas serta merusak serat-serat pada bahan jeans.

3. Jangan menggunakan pengering dengan suhu tinggi

Hindari memakaikan jeans yang masih basah ke dalam mesin pengering dengan suhu tinggi. Hal ini dapat menyebabkan penyusutan pada kain jeans. Sebaiknya, biarkan jeans mengering secara alami dengan menggantungnya di tempat yang teduh.

4. Hindari penggunaan setrika panas secara langsung

Jeans sebaiknya tidak di setrika menggunakan suhu panas secara langsung. Anda dapat menggunakan setrika suhu rendah jika benar-benar diperlukan. Lebih baik jika Anda menggantung jeans di gantungan khusus dan biarkan kainnya merata dengan sendirinya.

5. Hindari tumpukan pakaian berat pada jeans

Saat menyimpan jeans di lemari, pastikan untuk tidak menumpuk pakaian yang berat di atasnya. Hal ini dapat menyebabkan kerutan yang sulit dihilangkan serta meningkatkan kemungkinan pakaian menjadi terdeformasi.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, anda dapat merawat pakaian berbahan jeans dengan baik agar tetap awet dan tahan lama. Selain itu, tetap menjaga kebersihan dan kualitas jeans juga akan membuat tampilan anda tetap stylish.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES