Gaya Hidup

Aquascape, Seni Menata Ekosistem Air

Kamis, 10 Agustus 2023 - 11:24 | 325.93k
Seni Aquascape dengan segala keindahannya. (Foto: Zidan Amrullah/ TIMES Indonesia)
Seni Aquascape dengan segala keindahannya. (Foto: Zidan Amrullah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Di Indonesia, berbagai komunitas dan kelompok belajar Aquascape bermunculan. Mereka berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang teknik, perawatan, dan desain akuarium. Dari pemula hingga ahli, semua orang memiliki kesempatan untuk terlibat dan menikmati keindahan ekosistem air yang diciptakan oleh tangan-tangan kreatif dalam dunia aquascape.

Apa sih aquascape itu? Mari kita bahas

Aquascape, adalah seni menata ekosistem air di dalam akuarium, telah menjadi hobi yang semakin diminati oleh pecinta alam dan para penggemar ikan hias.

Menggabungkan keahlian tata letak dengan pemilihan tanaman dan elemen dekoratif, hobi ini telah merubah pandangan konvensional tentang akuarium menjadi karya seni yang hidup dan harmonis.

Tidak lagi sekadar wadah untuk ikan, akuarium aquascape menjadi layar bagi kreativitas para hobiis. Dengan perencanaan yang cermat dan sentuhan artistik, air, tanaman, batu, dan kayu disusun dengan teliti untuk menciptakan pemandangan bawah air yang menakjubkan.

Seni-Aquascape-a.jpg

Bagi mereka yang terlibat dalam hobi ini, setiap akuarium adalah sebuah proyek yang membawa kehidupan baru ke dalam ruang dan melahirkan keindahan alami di bawah permukaan air.

Meskipun menantang, hobi aquascape memberikan kepuasan tersendiri bagi para praktisioner. Melihat perkembangan ekosistem air yang sehat dan indah dari waktu ke waktu adalah bagian dari keajaiban hobi ini. Dengan berbagai jenis dan ukuran akuarium yang dapat digunakan, aquascape juga memungkinkan hobiis untuk mengaplikasikan imajinasi mereka dengan cara yang unik dan personal.

Aquascape yang menjadikan aquarium tidak terlihat polos ternyata memliki beberapa gaya atau aliran. Berikut beberapa aliran menata aquascape yang umum dilakukan kalangan penghobiis:

Aquascaoe  Iwagumi style

Iwagumi Style merupakan gaya khas Jepang yang diperkenalkan oleh Takashi Amano. Gaya ini mewakili masyarakat jepang yang menyukai keindahan, kesederhanaan, dan spiritualitas.

Aquascape Jungle style

Jungle style ini merupakan gaya yang paling terkenal dunia. Gaya ini menerapkan konsep hutan belantara dan alam liar yang dipadukan dengan banyaknya tumbuhan yang di dalamnya. Gaya ini memiliki ruang terbuka yang terbatas dan sebagian besar diisi dengan tanaman tinggi dan daun besar.

Aquascape Rasio style

Rasio style merupakan gaya khas mestro asal Indonesia yang diperkenalkan oleh Herry Rasio. Gaya ini membawakan konsep aquarium dipenuhi dengan kayu kering yang diolah dan ditata sedemikian rupa menjadi sebuah karya seni. Rasio style ini pernah mengguncangkan dunia dengan keindahannya sehingga dapat menyabet juara internasional.

Dikarenakan sebagian besar dari aquascape ini merupakan tumbuhan yang hidup. Maka, terdapat langkah-langkah untuk perawatan karya seni ini. “perawatan cukup mudah ya, dengan penggantian air (water change) seminggu sekali, menjaga kadar karbondioksida dan tingkat cahaya yang cukup untuk fotosintesis, pemberian pupuk, dan trimming (pemotongan daun) bagi daun yang udah panjang,” tutur Denny Hadi Santoso selaku ketua Aquascaper Regional Malang saat acara Malang Aquascape Festival 2023 di Begawan Apartemen, 6 Agustus 2023 lalu. 

Kini hobi unik ini semakin mendapat perhatian positif dari masyarakat. Berbagai kalangan mencoba untuk belajar membuat dan sebagian hanya sekedar menjadi penikmat dengan membeli karya seni ini. Bagaimana? Tertarik menggeluti aquascape unik ini?

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES