Gaya Hidup

Aruna Senggigi Lombok Sukses Adakan Semarak Seni Budaya

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 03:01 | 120.20k
Cooking Competition yang menghadirkan Celebrity Chef, Juna Rorimandey menilai masakan kuliner khas Lombok. (FOTO: ARUNA SENGGIGI for TIMES Indonesia)
Cooking Competition yang menghadirkan Celebrity Chef, Juna Rorimandey menilai masakan kuliner khas Lombok. (FOTO: ARUNA SENGGIGI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LOMBOK BARATAruna Senggigi Resort & Convention, hotel bintang empat di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat sukses menyelenggarakan event yang bertajukan Semarak Seni Budaya selama tiga hari berturut-turut pada tanggal 11-13 Agustus 2023.

Event tersebut bertujuan membantu pemerintah daerah Lombok Barat dalam mempromosikan seni agar kunjungan wisatawan semakin tertarik berkunjung ke kawasan wisata Senggigi.

General Manager Aruna Senggigi Resort & Convention, Weni Kristanti menyampaikan rasa syukur penyelenggaraan event Semarak Budaya yang dimasukan dalam kalender event promosi pariwisata Pemerintah Lombok Barat berjalan sukses.

Aruna-Senggigi-2.jpgFestival Tari Kreasi sukses tampil pada event Semarak Seni Budaya yang diselenggarakan oleh Aruna Senggigi Resort & Convention. (FOTO: ARUNA SENGGIGI for TIMES Indonesia)

Kesuksesan event ini tentu berkat dukungan semua pihak baik unsur pemerintah maupun non pemerintah. “Kita ucapkan rasa syukur event Semarak Seni Budaya berjalan sukses yang masuk sebagai event kalender promosi pariwisata Lombok Barat," ucapnya kepada TIMES Indonesia, Sabtu (19/8/2023).

Dalam memeriahkan HUT RI ke-78 dan HUT Aruna Senggigi Resort & COnvetion ke-7, diperlombakan tujuh cabang seni budaya, meliputi lomba busana tenun Lombok, lomba tari kreasi NTB, pesta kuliner sasak, cooking competition, cooking class, lomba mewarnai anak mulai PAUD sampai kelas 6 SD, dan gala dinner.

Pada cooking class pihaknya menggandeng Celebrity Chef, Juna Rorimandey. “Kami mengadakan Semarak Seni Budaya untuk mempromosikan seni dan budaya Nusa Tenggara Barat," jelasnya. 

Pihaknya tetap berkomitmen untuk terus mengenalkan seni dan budaya lokal kepada wisatawan agar menambah daya tarik kunjungan wisatawan ke Senggigi. Dimana diketahui bersama bahwa Senggigi sebagai cikal bakal munculnya pariwisata di NTB.

Aruna-Senggigi-3.jpgLomba mewarnai yang diikuti oleh anak-anak PAUD sampai tingkat SD. (FOTO: ARUNA SENGGIGI for TIMES Indonesia)

Kontribusi yang dapat pihaknya berikan tentu semata-mata kemajuan pariwisata di NTB. “Sehingga kami mempersiapkan event dengan penuh matang agar dapat tersampaikan visi-misi mempromosikan kekayaan seni budaya NTB pada masyarakat luas," tegasnya. 

Dikatakannya, tema serupa pernah diadakan pada saat pandemi covid-19 dengan mengajak para seniman yang vakum untuk terus berkarya.

Dalam event tahun ini, pihaknya melibatkan para pelaku IKM dan UKM agar dapat mempromosikan hasil prodak mereka sehingga dengan bersinergi maka ekonmi semakin bangkit dan Berjaya. “Semoga ini menjadi kontribusi nyata kami untuk kemajuan pariwisata NTB," harapnya. 

Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Dharma Graha Utama, Ika Putri merasa bangga terhadap suksesi event semarak seni budaya, tentunya kegiatan tersebut menjadi wadah para seniman agar terus semangat dalam berkarya dan melestarikan serta mengembangkan seni budaya lokal yang ada di NTB.

"Terutama pada kuliner Lombok itu enak-enak yang memanjakan lidah para tamu nusantara dan mancanegara. Geliat promosi pariwisata harus tetap diadakan dengan melibatkan para seniman," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, Fajar Taufik menyampaikan terima kasih kepada Aruna Senggigi Resort & Convention yang terus membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata.

“Kedepan harus semakin bagus dan baik serta melibatkan para pihak pelaku wisata lainnya agar lebih semarak lagi, sehingga dampak dapat dirasakan langsung dengan meningkatkan kunjungan wisatawan dan tamu menginap baik tamu nusantara maupun mancanegara," katanya. 

Ia juga mengingatkan, tinggal sebentar akan diadakan event Moto GP di SIrkuit Mandalika tentu akan berimbas juga pada peningkatan penginapan, agar tidak terfokus di Sirkuit Mandalika.

"Event semacam ini patut diadakan sehingga tamu-tamu yang menonton lebih banyak menghabiskan liburan di kawasan wisata Senggigi. Bagaimana tamu-tamu yang menginap nanti dapat menikmati keindahan Senggigi melalui seni budaya sehingga dapat berlama-lama di kawasan wisata Senggigi," imbuhnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES