Gaya Hidup

5 Tips Anti Mager di Senin Pagi, Siap Hadapi Hari 

Senin, 18 September 2023 - 05:18 | 105.23k
Ilustrasi - Mager di Senin pagi. (FOTO: printerest)
Ilustrasi - Mager di Senin pagi. (FOTO: printerest)

TIMESINDONESIA, JAKARTASenin menjadi hari yang penting sekaligus mengesalkan bagi banyak orang. Disebut hari panting, karena dimulainya pekan baru untuk beraktifitas. Tapi sebagian orang juga merasa kesal dengan hari Senin, karena harus kembali melakukan rutinitas, seperti bekerja maupun sekolah. Tak jarang mereka menjadi mager alias malas gerak di Senin pagi.

Padahal penelitian tentang kesehatan mental menyebutkan bahwa untuk dapat hari yang menyenangkan, anda harus memulai dengan sesuatu yang juga menyenangkan. Lah, kalau mager dipelihara, bagaimana mau memulai hari dengan senang? 

Mager.jpg

Nah berikut tips anti mager di Senin pagi supaya hari Anda menyenangkan. 

Bergegas bangun

Minggu malam sebaiknya tidak tidur terlalu larut, supaya bisa bangun lebih awal. Nah Jika Anda sudah terbangun segera beranjak dari tempat tidur ya. Terlalu lama di tempat tidur bikin mager makin lama. 

Setidaknya Anda segera duduk untuk mengumpulkan 'nyawa'. Lakukan peregangan supaya tubuh 'sadar' sepenuhnya. 

Setelah berdiri, segera bereskan tempat tidur Anda. Kebiasaan baik ini sudahmulai jarang dilakukan, sebab banyak yang beranggapan 'Ah nanti diberesin sepulang kerja'. No, kebiasaan melipat selimut dan membersihkan tempat tidur harus tetap dilakukan, untuk menghalau mager. 

Olahraga 

Setelah bangun lakukan olahraga ringan. Bisa dengan jalan kaki atau berlari, setidaknya 15-20 menit saja. Jika malas ke luar rumah Anda bisa stretching atau yoga. Olahraga juga membantu memperbaiki mood Anda karena hormon endorfin bekerja maksimal.  

Dengar berita atau musik

Sembari berolahraga, Anda bisa mendengarkan berita atau musik. Cari musik atau saluran informasi yang Anda suka. Musik memang ampuh untuk usir malas ya, dengan musik bisa makin semangat. Demikian juga saat Anda mendengarkan berita, Anda bisa mendapatkan informasi terkini. Selain itu secara psikologis, mendengar berita juga dapat melatih otak supaya 'on' dan siap untuk bekerja. 

Mandi air dingin

Setelah berolahraga, segera mandi. Sangat direkomendasikan untuk mandi air dingin. Sebab air dingin akan membangkitkan saraf di kulit sehingga tubuh merasa jauh lebih segar. Mandi air dingin juga dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus daya tahan tubuh.

Sarapan

Hal terpenting dari tips anti mager adalah sarapan. Health Enhancement Research Organization (HERO) menyebutkan ada beberapa makanan dan minuman yang dipercaya dapat meningkatkan mood. Seperti oat, buah pisang, kacang-kacangan, kopi, teh hijau, cokelat. Pilihlah beberapa makanan dan minuman pembangkit semangat itu untuk mengawali Senin Anda. Dijamin anti mager deh! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES