Gaya Hidup

Pengen Tahu Nama-nama Jenis Pengadilan di AS dalam Bahasa Inggris serta Fungsinya? Simak Jawabannya Berikut

Senin, 18 September 2023 - 01:59 | 105.82k
Ilustrasi: Seseorang memegang palu hakim. (Foto: Wirestock/Freepik)
Ilustrasi: Seseorang memegang palu hakim. (Foto: Wirestock/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Amerika Serikat memiliki berbagai jenis pengadilan yang mengatasi kasus-kasus yang beragam. Setiap jenis pengadilan memiliki yurisdiksi dan fungsi khusus yang dirancang untuk menangani jenis kasus tertentu. Dalam Bahasa Inggris namanya akan sedikit berbeda namun sangat mudah dipahami.

Tujuan membawa kasus ke pengadilan tentunya untuk mencari penyelesaian hukum atas sengketa atau pelanggaran yang terjadi.Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan beberapa jenis pengadilan yang ada di Amerika Serikat (AS).

1. Federan Court (Pengadilan Negara)

Pengadilan federal adalah sistem pengadilan di tingkat nasional yang memiliki yurisdiksi atas kasus-kasus yang melibatkan hukum federal dan konstitusi. Pengadilan federal meliputi Pengadilan Agung Amerika Serikat, Pengadilan Banding Federal, dan Pengadilan Distrik Federal. Mereka menangani kasus-kasus seperti pelanggaran hukum federal, perselisihan antara negara bagian, dan kasus yang melibatkan warga negara asing.

2. State Court (Pengadilan Negara Bagian)

Setiap negara bagian di Amerika Serikat memiliki sistem pengadilan negara bagiannya sendiri. Pengadilan ini memiliki yurisdiksi atas kasus-kasus yang melibatkan hukum negara bagian dan masalah yang berada di bawah yurisdiksi negara bagian tersebut. Pengadilan negara bagian ini juga memiliki tingkatan yang mirip dengan pengadilan federal, termasuk pengadilan banding dan pengadilan tinggi negara bagian.

3. Criminal Court (Pengadilan Pidana)

Pengadilan pidana adalah pengadilan yang menangani kasus-kasus pidana, seperti pembunuhan, perampokan, dan pelanggaran hukum lainnya. Pengadilan ini berfungsi untuk menentukan kesalahan atau tidaknya seorang terdakwa dalam suatu tindakan kriminal dan menghukum mereka sesuai dengan hukum yang berlaku.

4. Civil Court (Pengadilan Sipil)

Pengadilan sipil mengatasi kasus-kasus yang melibatkan sengketa antara individu atau entitas, yang tidak bersifat kriminal. Contoh kasus yang ditangani oleh pengadilan sipil termasuk perceraian, perselisihan bisnis, dan klaim ganti rugi. Tujuan utama pengadilan sipil adalah menyelesaikan sengketa dan memastikan keadilan di antara pihak yang terlibat.

5. Family Court (Pengadilan Keluarga)

Pengadilan keluarga adalah jenis pengadilan yang fokus pada kasus-kasus yang terkait dengan masalah keluarga, seperti perceraian, hak asuh anak, pembagian harta bersama, dan penentuan paternitas. Tujuannya adalah untuk menjaga kepentingan terbaik anak-anak dan memastikan bahwa hak-hak keluarga terlindungi.

6. Paternity Court (Pengadilan Perwalian)

Pengadilan perwalian adalah bagian dari pengadilan keluarga yang mengatasi kasus penentuan paternitas atau yang berhubungan dengan hubungan seorang anak dengan ayah kandung. Pengadilan ini menentukan apakah seorang pria adalah ayah biologis atau ayah kandung dari seorang anak atau tidak.

Kasus ini seringkali melibatkan tes DNA dan proses hukum untuk menetapkan hak-hak dan kewajiban ayah terhadap anak tersebut. pemohon bisa saja dari [ihak anak yang merasa si pria merupakan ayahnya atau dari pihak pria yang merasa orang tersebut adalah anaknya.

7. Juvenile Court (Pengadilan Anak)

Pengadilan anak adalah pengadilan khusus yang menangani kasus-kasus yang melibatkan perlindungan anak-anak atau orang dewasa yang rentan dari kekerasan atau penelantaran. Pengadilan ini bertujuan untuk memutuskan apakah tindakan perlindungan diperlukan dan, jika iya, bagaimana perlindungan tersebut dapat diimplementasikan.

Itulah beberapa jenis pengadilan yang ada di Amerika Serikat dengan nama-naanya dalam Bahasa Inggris beserta penjelasan singkat tentang fungsi dan yurisdiksinya. Setiap jenis pengadilan memiliki peran penting dalam sistem peradilan negara ini, dan mereka bekerja sama untuk memastikan keadilan di berbagai tingkatan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES