Gaya Hidup

Pengetahuan Dasar: Tips Aman Berlindung Saat Ada Gempa Bumi

Selasa, 26 September 2023 - 02:25 | 85.80k
Ilustrasi: Gedung roboh akibat gempa bumi. (Foto: gaudyirina/Freepik)
Ilustrasi: Gedung roboh akibat gempa bumi. (Foto: gaudyirina/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGempa bumi adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi tiba-tiba dan dengan kekuatan yang menghancurkan. Meskipun tidak dapat diprediksi dengan pasti, kita harus selalu siap jika salah saat bencana alam seperti ini terjadi.

Mengetahui cara berlindung dengan benar dapat menyelamatkan nyawa anda dan keluarga. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara aman untuk berlindung saat ada gempa bumi.

Ilmu Dasar Berlindung saat Terjadi Gempa Bumi

1. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Saat gempa bumi terjadi, yang terpenting adalah tetap tenang. Panik hanya akan membuat situasi lebih buruk. Jika panik, anda mungkin tidak akan dapat berpikir dengan jernih dan mengambil tindakan yang tepat.

Ingatlah bahwa bencana alam biasanya berlangsung hanya beberapa detik atau menit, jadi cobalah untuk tetap tenang dan mengumpulkan pikiran.

2. Cari Perlindungan di Tempat yang Aman

Langkah pertama yang harus diambil adalah mencari tempat yang aman untuk berlindung. Jauhi jendela, kaca, dan benda-benda tajam lainnya yang dapat pecah dan melukai tubuh.

Jika berada di dalam bangunan, cobalah untuk berlindung di bawah meja atau meja yang kuat. Jika berada di luar, cari tempat terbuka yang jauh dari bangunan, tiang listrik, dan pohon yang dapat roboh.

3. Lindungi Kepala dan Leher

Selama gempa bumi, risiko terbesar adalah tertimpa benda-benda yang jatuh. Oleh karena itu, penting untuk melindungi kepala dan leher. Cobalah untuk menjaga kepala rendah dan lindungi dengan tangan  ata benda yang keras, seperti tas atau buku. Hal tersebut dapat membantu mengurangi risiko cedera serius.

4. Jangan Gunakan Lift

Jika berada di dalam gedung saat gempa terjadi, jangan mencoba menggunakan lift. Lift dapat terjebak atau berhenti bekerja selama gempa, dan anda dapat terjebak di dalamnya. Lebih baik gunakan tangga darurat untuk keluar dari gedung dengan aman.

5. Tetap di Luar Bangunan Setelah Gempa

Setelah gempa berakhir, jangan langsung kembali ke dalam bangunan. Ada kemungkinan ada kerusakan yang tidak terlihat yang dapat membuat bangunan menjadi tidak aman. Tunggu hingga bangunan dinyatakan aman oleh otoritas yang berwenang sebelum kembali ke dalam.

6. Persiapkan Perlengkapan Darurat

Selain mengetahui cara berlindung saat gempa, penting juga untuk selalu memiliki perlengkapan darurat yang siap digunakan. Ini termasuk makanan dan air yang cukup untuk beberapa hari, pakaian hangat, obat-obatan penting, senter, baterai cadangan, dan peralatan pertolongan pertama. Perlengkapan darurat ini dapat sangat berguna jika terjebak dalam situasi darurat setelah gempa.

7. Belajar Tentang Gempa Bumi

Pendidikan adalah kunci untuk kelangsungan hidup. Belajar lebih banyak tentang kejadian alam ini, seperti tanda-tanda awalnya, bagaimana cara membaca peringatan gempa, dan langkah-langkah yang harus diambil selama gempa, dapat membantu anda dan keluarga untuk lebih siap menghadapi situasi tersebut.

8. Hubungi Keluarga dan Teman

Setelah gempa bumi, cobalah untuk menghubungi keluarga dan teman-teman Anda untuk memastikan bahwa mereka baik-baik saja. Ini adalah langkah penting untuk menghindari kepanikan dan membuat Anda merasa lebih tenang.

Dalam situasi darurat seperti gempa bumi, kesiapan dan pengetahuan adalah kunci untuk selamat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan selalu siap, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk selamat dan melindungi diri sendiri serta orang-orang yang Anda cintai.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES