Gaya Hidup

Ini Rahasia Tetap Terhidrasi dan Bugar di Musim Kemarau Ala Ahli Gizi Banyuwangi

Kamis, 05 Oktober 2023 - 01:02 | 71.22k
Ahli gizi muda sekaligus Nutrisionis di RSUD Blambangan, Rizka Ayu Lestari, S.Gz,. (FOTO : Anggara Cahya /TIMES Indonesia)
Ahli gizi muda sekaligus Nutrisionis di RSUD Blambangan, Rizka Ayu Lestari, S.Gz,. (FOTO : Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Musim kemarau biasanya identik dengan cuaca terik, suhu udara panas, polusi dan kering. Untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat, bugar terlebih bisa mengurangi resiko dehidrasi oleh tubuh, konsumsi makanan sehat dan tepat bisa menjadi sebuah solusi.

Selain minum air mineral yang cukup, penting juga untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat musim kemarau. Pasalnya, makanan sehat yang tepat, dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan memberikan nutrisi yang diperlukan.

Nah, untuk itu ahli gizi muda di Banyuwangi, Rizka Ayu Lestari, S.Gz, membagikan informasi kesehatan menarik terkait makanan apa-apa saja yang wajib masyarakat Bumi Blambangan konsumsi dan perbanyak stoknya saat musim kemarau menerpa.

Sebelum masuk terlalu dalam, Rizka sapaan akrab nutrisionis Kabupaten Banyuwangi tersebut mengatakan, pada saat siang hari lebih baik menghindarai banyak aktivitas diluar ruangan agar. Meski begitu, banyak masyarakat yang memang harus banyak menghabiskan waktu kerjanya diluar ruangan.

Oleh sebab itu, mencukupi kebutuhan nutrisi, bisa menghindarkan diri dari serangan penyakit saat musim kemarau pada saat kelelahan ataupun dehidrasi.

“Saat kerja diluar ruangan disarankan menggunakan masker, dan yang penting cukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makanan sehat tepat sesuai dengan keadaan yang saat ini berlagsung,” ucap Rizka, Rabu (4/10/2023).

Pada saat musim kemarau dengan suhu udara ekstrem, kebutuhan nutrisi yang wajib terpenuhi diantaranya adalah memperbanyak makanan yang mengandung antidehidran seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Mineral, Antioksidan, Asam Folat dan Betakaroten.

Berikut makanan makanan tinggi nutrisi yang wajib ada di rumahmu selama musim kemarau. Makan yang pertama ada dikulkas rumahmu adalah makanan bergenus Sitrus, beberapa jenis yang mungkin banyal diketahui yaitu jeruk (sweet lemon), limau, lemon, jeruk Mandarin, jeruk Bali, hingga jeruk clementine.

“Jenis buah sitrus banyak mengandung asam folat dan kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada musim kemarau,” kata salah satu Ahli Gizi Muda dari RSUD Blambangan.

Yang kedua, banyak mengkonsumsi buah yang menyimpan banyak air seperti buah Semangka, Melon dan Mentimun. Buah tersebut bisa mencegah kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, terlebih Timun bisa merawat kulit dari radikal bebas. 

Kemudian makanan yang harus ada saat musim kemarau yang lain adalah Labu, Wortel, Ubi dan buah atau buah atau sayur yang kebanyakan memiliki warna oranye atau jingga.

“Saat masuk ke dalam tubuh, betakaroten akan langsung mengubah dirinya menjadi vitamin A. selain  membantu menjaga kesehatan mata, konsumsi betakroten bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga antioksidan saat panas,” pungkas Rizka.

Dan yang terakhir adalah makanan yang memiliki kandungan Vitamin E yang bisa dikonsumsi dari jenis kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang Almond, Kuaci atau biji matahari, gandum, kacang tanah hingga buah seperti mangga.

“Saat musim kemarau menjaga kesehatan kulit sangat penting dilakukan, itulah fungsi dari dari mengkonsumsi Vitamin E,” cetus wanita berumur 25 tahun.

Untuk selebihnya, tetap usahakan minum air yang cukup yaitu 2 Liter perhari, mengkonsumsi banyak sayuran dan makanan pokok tetap memenuhi nutrisi kebutuhan utama tubuh, seperti karbohidrat, protein dan nutrisi lain.

“Jadi kebutuhan nutrisi tubuh tersebut perlu terpenuhi saat kondisi sedang kemarau panas seperti ini, supaya tubuh tetap prima saat beraktivitas dicuaca ekstrem,” cetus Rizka.

"Penting untuk menggunakan bahan pangan lokal yang ada di Banyuwangi, agar mudah dicari," imbuh Rizka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES