Gaya Hidup

11 Minuman Sehat yang Baik Dikonsumsi Setelah Bangun Tidur

Kamis, 12 Oktober 2023 - 06:02 | 94.86k
Aneka jus buah yang sehat diminum. (FOTO: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto)
Aneka jus buah yang sehat diminum. (FOTO: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Bangun tidur adalah momen penting dalam rutinitas harian kita. Setelah berjam-jam tidur, tubuh kita perlu dihidrasi dan diberi asupan nutrisi yang cukup untuk memulai hari dengan semangat. Minuman sehat yang dikonsumsi setelah bangun tidur dapat menjadi kunci untuk memaksimalkan energi dan membangkitkan mood. Merangkum dari berbagai sumber, inilah 11 minuman sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi setelah bangun tidur.

1. Air Putih Hangat
Air putih adalah minuman terbaik yang dapat Anda minum setelah bangun tidur. Ini membantu membersihkan tubuh, meningkatkan metabolisme, dan membantu membuang racun. Para ahli menyarankan untuk minum setidaknya dua gelas air putih hangat setelah bangun tidur.

2. Air Jeruk atau Lemon
Air jeruk atau lemon adalah salah satu minuman sehat yang paling mudah disiapkan. Rasa asam dari air jeruk dapat memberikan dorongan energi yang sangat dibutuhkan setelah tidur semalaman. Kandungan vitamin C dalamnya membantu meningkatkan stamina tubuh sepanjang hari dan membantu membersihkan racun dalam tubuh.

3. Teh Jahe
Teh jahe adalah minuman sehat yang hangat dan nikmat. Jahe dikenal karena kemampuannya meredakan mual, mengurangi nyeri, serta membantu dalam pengaturan gula darah. Teh jahe akan memberikan semangat dan membantu menjaga kesehatan pencernaan.

4. Air Kelapa
Air kelapa adalah minuman yang kaya akan antioksidan dan elektrolit alami. Minum air kelapa setelah bangun tidur membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama tidur, menjaga detak jantung tetap teratur, dan melancarkan metabolisme tubuh. Ini juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kadar kolesterol.

5. Jus Lidah Buaya
Lidah buaya mengandung beragam vitamin dan enzim yang bermanfaat untuk kesehatan. Jus lidah buaya dapat membantu dalam mengatasi masalah pencernaan, radang tenggorokan, dan menurunkan gula darah. Ini adalah minuman sehat yang dapat memberi energi untuk memulai hari.

6. Jus atau Smoothies
Jus atau smoothies adalah pilihan minuman yang sangat serbaguna. Mereka membantu mengembalikan cairan tubuh, memberikan asupan vitamin dan mineral, dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena tingginya serat. Pastikan untuk menghindari menambahkan gula, dan jika perlu, Anda dapat menggunakan pengental alami seperti madu.

7. Teh Hijau
Teh hijau adalah minuman yang kaya akan antioksidan yang membantu melawan racun dalam tubuh. Ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga berat badan. Namun, sebaiknya jangan minum teh hijau jika Anda memiliki masalah asam lambung.

8. Teh Herbal:
Beberapa jenis teh herbal, seperti teh peppermint atau chamomile, memiliki sifat menenangkan dan dapat membantu meredakan stres, kecemasan, serta gangguan tidur. Mereka juga bebas kafein.

9. Air Kunyit
Air kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-kanker yang kuat. Antioksidan dalam kunyit membantu membersihkan tubuh, mengurangi peradangan, dan mengontrol kadar kolesterol.

10. Jus Sayuran Segar
Jus sayuran segar seperti jus wortel, bayam, atau seledri mengandung vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk tubuh. Mereka dapat memberikan energi, meningkatkan sistem kekebalan, dan mendukung kesehatan pencernaan.

11. Air Jahe
Air jahe dapat membantu meredakan perut kembung, mual, dan masalah pencernaan lainnya. Jahe juga memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Itulah 11 minuman sehat yang baik dikonsumsi setelah bangun tidur. Untuk memilih minuman yang tepat, sesuaikan dengan preferensi pribadi dan kebutuhan kesehatan Anda. Pastikan untuk menghindari minuman beralkohol atau minuman berkafein dalam jumlah berlebihan setelah bangun tidur, karena dapat mengganggu tidur dan dehidrasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES