Gaya Hidup

Nggak Perlu Retouch! Ini Tips Makeup Anti Luntur di Cuaca Panas Ekstrem

Jumat, 13 Oktober 2023 - 03:27 | 104.40k
Penggunaan make up ringan natural di musim panas. (FOTO: marshabeauty)
Penggunaan make up ringan natural di musim panas. (FOTO: marshabeauty)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Musim kemarau dan cuaca panas seringkali membawa perubahan terhadap kondisi kulit. Tak jarang, kulit menjadi lebih kering dari biasanya sehingga diperlukan perhatian ekstra terhadap tampilan wajah agar tetap sehat dan segar.

Cuaca panas seringkali membuat kita cenderung berkeringat dengan cepat, terutama jika kita beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, tidak hanya Indonesia, beberapa negara bagian di Asia juga mengalami gelombang panas atau heatwave. Ketika cuaca panas melanda, salah satu masalah yang seringkali dihadapi adalah masalah makeup.

Walaupun makeup telah diaplikasikan dengan cermat dan indah, tentu bisa luntur dengan cepat karena keringat yng berlebih. Hal ini bisa menjadi sangat mengganggu dan membuat kita merasa kurang percaya diri. Namun, jangan khawatir! Ada loh beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah makeup yang luntur akibat keringat selama cuaca panas. Mari simak beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu tetap tampil segar dan memesona meskipun di bawah teriknya matahari!

1. Persiapan Kulit yang Cukup

Sebelum kamu memulai merias wajahmu, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi kulit. Musim kemarau seringkali menyebabkan kulit menjadi kering, oleh karena itu, sangat penting untuk merawatnya dengan baik. Salah satu langkah yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kulitmu terhidrasi dengan cara rajin menggunakan pelembap yang cocok dengan jenis kulit kamu.

Proses ini sering disebut sebagai "skin prep" atau persiapan kulit. Skin prep adalah langkah penting dalam dunia makeup karena akan membantu menjaga kelembapan alami kulit dan menghindari efek "cakey" pada makeup wajahmu.

Dengan merawat kulit dengan baik, hasil makeupmu akan tampak lebih halus dan menyatu. Jadi, ingatlah untuk selalu memberikan perhatian khusus pada kulit sebelum memulai periasan wajahmu.

2. Perlindungan Matahari dengan Sunscreen yang Tepat

Ketika memasuki musim panas berarti sinar matahari akan lebih terik dan intens. Untuk menghasilkan kulit yang sehat dan terlindungi, tentu saja perlindungan matahari menjadi kunci utama.

Nah, sebelum kamu mulai mengaplikasikan makeup, Langkah awal setelah menggunakan moisturaizer adalah melapisinya dengan Sunscreen atau tabir surya dengan SPF (Sun Protection Factor) tinggi.

Tabir surya seharusnya menjadi fondasi pertama dalam rutinitas makeup kamu. Hal ini tidak hanya berlaku untuk musim panas, tetapi juga untuk sepanjang tahun. SPF tinggi akan membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, atau bahkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Jadi, jangan pernah melupakan perlindungan matahari sebagai langkah awal dalam rutinitas makeup kamu apalagi jika kamu memiliki keluhan Post-inflammatory hyperpigmentation (PIH) atau hiperpigmentasi pasca inflamasi, yaitu hiperpigmentasi yang terjadi setelah peradangan dan luka di kulit, seperti jerawat dan eksim. 

Dengan mengaplikasikan Sunscreen yang tepat, masa penyembuhan skin barrier kamu dijamin bakal lebih efektif.

3. Gunakan Complexion yang Ringan

Untuk menghadapi musim kemarau, ada beberapa perubahan yang perlu kamu pertimbangkan dalam rutinitas makeup kamu. Salah satu langkah penting adalah mengurangi penggunaan complexion atau riasan wajah yang berat. Musim kemarau seringkali membuat kulit kita cenderung berminyak dan berkeringat, dan menggunakan complexion yang tebal dapat menyebabkan makeup terasa tidak nyaman dan lebih mungkin untuk luntur.

Sebagai alternatif, kamu dapat memilih produk complexion yang lebih ringan, seperti skin tint, cushion, atau BB cream. Produk-produk ini memberikan cakupan yang cukup untuk menyamarkan imperfection di kulit, tetapi tetap memungkinkan kulit kamu untuk "bernafas." Mereka memberikan tampilan yang lebih alami dan tidak akan terasa berat di wajah kamu.

Selain itu, pastikan untuk memilih produk yang tahan air atau waterproof. Ini sangat penting terutama jika kamu berencana untuk beraktivitas di luar ruangan atau menghadapi cuaca yang panas dan berkeringat. Produk yang tahan air akan membantu menjaga tampilan makeup tetap terjaga sepanjang hari tanpa harus capek retouch berulang kali. Produk tahan air juga mencegah makeup mudah crack atau longsor, sehingga bisa bikin kamu percaya diri sepanjang hari.

4. Jangan Lupa Bedak Tabur dan Setting Spray

Setelah mengaplikasikan foundation yang lebih ringan pada wajah, langkah selanjutnya adalah mengatasi kilap akibat produksi minyak berlebih yang seringkali muncul selama musim kemarau. Hal ini bisa membuat tampilan makeup kamu tidak seperti yang diharapkan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat menggunakan bedak tabur yang transparan atau bedak translucent.

Bedak tabur dapat membantu mengontrol minyak berlebih dan mengurangi kilap pada wajah. Kamu bisa mengaplikasikan bedak secara merata di seluruh wajah setelah kamu selesai dengan langkah-langkah sebelumnya dalam rutinitas makeup. Ini akan membantu menjaga tampilan wajah tetap matte dan bebas kilap.

Selain itu, untuk memastikan makeup benar-benar menempel dan bertahan lebih lama, terutama dalam cuaca yang sedang panas-panasnya, gunakan setting spray. Setting spray adalah produk yang dirancang khusus untuk membantu mengunci makeup sehingga tahan lama. Semprotkan setting spray dengan lembut ke seluruh wajah setelah selesai mengaplikasikan seluruh makeup. Ini akan membantu menjaga tampilan tetap segar dan tahan lama sepanjang hari.

5. Fokus pada Mata dan Bibir

Saat cuaca panas dan cerah, kamu bisa mencoba tampilan yang lebih berani dan segar. Untuk mata yang menarik, pertimbangkan untuk menggunakan eyeliner dan maskara tahan air atau waterproof. Cuaca panas sering kali membuat kita berkeringat, dan dengan produk yang tahan air agar riasan mata kamu akan tetap terlihat tajam dan tahan lama sepanjang hari.

Kamu dapat bermain dengan warna eyeshadow yang cerah dan segar. Pilih warna yang sesuai dengan warna mata kamu. Warna-warna cerah dan ceria akan membuat mata tampak lebih hidup dan memikat.

Untuk bibir yang lembap dan segar, hindari lipstik matte yang cenderung kering. Musim panas adalah waktu yang tepat untuk memilih lipstik glossy atau lip balm berwarna. Lipstik glossy memberikan efek kilau yang cantik pada bibir dan membuatnya terlihat lebih plumpy. Selain itu, produk seperti lip balm berwarna tidak hanya memberikan warna pada bibir, tetapi juga merawatnya dan menjaga kelembapan bibir.

6. Gunakan Blush yang Natural

Pemilihan blush yang tepat adalah langkah penting dalam makeup. Warna-warna cerah seperti peach atau merah muda seringkali menjadi pilihan yang bagus untuk musim panas.

Blush dengan nuansa peach memberikan sentuhan hangat pada kulit dan cocok untuk berbagai skin tone atau warna kulit. Shade ini memberikan kesan segar dan menyehatkan. Sementara itu, warna merah muda atau pink memberikan tampilan yang lebih manis dan feminine.

Namun, ada satu hal yang perlu dihindari, yaitu menggunakan blush yang terlalu berkilau atau mengandung banyak shimmer. Blush yang berkilau mungkin tampak bagus di malam hari atau untuk tampilan glamor, tetapi selama cuaca panas, dapat membuat wajah tampak berminyak. Seiring dengan berkeringat, efek berkilau ini bisa terlalu berlebihan. Jadi, pilihlah blush matte atau dengan sedikit kilauan untuk tampilan yang tetap natural dan segar.

7. Perhatikan Retouch

Meskipun kamu telah mengikuti semua tips dan trik untuk membuat makeup tahan lama, cuaca panas dan berkeringat dapat mengganggu tampilan kamu. Untuk mengatasi hal ini, sangat penting untuk membawa beberapa produk di dalam tas.

Beberapa produk makeup yang sangat penting untuk dibawa termasuk lipstik, bedak, dan setting spray. Lipstik adalah produk yang mungkin memerlukan retouch, terutama setelah makan atau minum. Selain itu, bedak adalah penyelamat saat cuaca panas. Kertas minyak atau bedak padat ringan dapat membantu menyerap minyak berlebih di wajah dan memberikan tampilan yang lebih matte.

Terakhir, jangan lupasetting spray. Setting spray adalah produk ajaib yang akan membantu menjaga tampilan makeup tetap segar dan tahan lama. Semprotkan sedikit setting spray ke seluruh wajah untuk memastikan bahwa makeup kamu tetap terlihat flawless sepanjang hari.

Selain itu, saat ini beberapa merek juga telah mengeluarkan sunscreen dalam bentuk spray atau semprotan yang dapat digunakan sebagai retouch. Ini adalah solusi yang sangat praktis, terutama jika kamu berada di luar ruangan sepanjang hari. Dengan sekali semprot, kamu dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap sinar UV yang berbahaya dan menyegarkan tampilan makeup sekaligus.

8. Jaga Hidrasi

Terakhir, jangan pernah lupakan pentingnya untuk tetap terhidrasi sepanjang hari. Minum banyak air untuk menjaga kulit tetap segar dan lembap dari dalam. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, kulit juga akan merasakan manfaatnya. Kulit akan tampak lebih bersinar, halus, dan bebas kering.

Air juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, yang dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Ini memberikan dasar yang lebih baik untuk aplikasi makeup, sehingga tampilan makeup akan lebih segar dan tahan lama.

Jadi, selama musim kemarau, jangan lupa untuk membawa botol air minum. Ini adalah langkah sederhana yang dapat memiliki dampak besar pada penampilan dan kesehatan kulit.

Musim kemarau memang bisa menjadi tantangan bagi kulit kita, tapi jangan khawatir! Dengan beberapa tips sederhana ini, dijamin kamu akan tetap tampil segar dan memukau sepanjang musim panas. Jadi, selamat mencoba dan nikmati cuaca cerah dengan tampilan yang menawan!. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES