Gaya Hidup

Tips Mengatasi Masalah Mental Health pada Remaja ala Hikmah Bafaqih

Rabu, 18 Oktober 2023 - 05:26 | 45.35k

TIMESINDONESIA, MALANG – Remaja merupakan fase transisi dari anak-anak menuju dewasa, di mana mereka mulai mencari identitas diri dan menghadapi berbagai tantangan dan tekanan, baik dari lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Sayangnya, tak jarang tantangan tersebut memicu berbagai masalah kesehatan mental, seperti stres, kecemasan, depresi, hingga perilaku menyimpang.

Hikmah Bafaqih MPd, anggota FKB DPRD Jatim dan Founder Koppatara (Komunitas Pelindungan Perempuan dan Anak Nusantara), yang juga aktif berkecimpung dalam isu-isu sosial. Khususnya yang berkaitan dengan remaja dan wanita, memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan oleh remaja, orang tua, dan masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan mental pada remaja.

Menciptakan Lingkungan yang Supportif

Orang tua dan keluarga harus menciptakan lingkungan yang aman dan penuh dukungan bagi remaja. Terutama untuk dapat mengungkapkan perasaan dan pemikiran mereka tanpa takut dicemooh atau dikritik.

Komunikasi yang Efektif

Komunikasi dua arah yang baik antara remaja dan orang tua atau guardian sangat penting. "Hal ini dapat membantu remaja merasa didengar dan dimengerti," ucap Hikmah yang juga mantan ketua PW Fatayat NU Jatim (2013-2018) ini.

Pendidikan tentang Kesehatan Mental

Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran remaja tentang kesehatan mental. Rermasuk cara mengidentifikasi dan mengatasi masalah kesehatan mental yang mungkin mereka alami.

Mengurangi Stigma

Mengurangi stigma tentang masalah kesehatan mental dengan memberikan pendidikan dan pemahaman yang tepat kepada masyarakat. "Ini agar remaja yang mengalami masalah kesehatan mental tidak merasa terisolasi," ucap kandidat doktor psikologi UM Malang ini. 

Memanfaatkan Teknologi

Manfaatkan teknologi untuk memberikan informasi, dukungan, dan layanan terkait kesehatan mental kepada remaja. Seperti konsultasi online atau aplikasi yang mendukung kesehatan mental.

Mengakses Bantuan Profesional

Jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika remaja mengalami masalah kesehatan mental yang serius, seperti psikolog atau konselor.

Hikmah Bafaqih mengingatkan bahwa dukungan dari keluarga dan masyarakat sangat berpengaruh dalam proses pemulihan remaja yang mengalami masalah kesehatan mental. Dengan bantuan dan dukungan yang tepat, remaja dapat mengatasi masalah kesehatan mental dan tumbuh menjadi individu yang sehat dan produktif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES