Gaya Hidup

Bingung Pilih Kacamata yang Tepat? Ini yang Harus Kamu Lakukan 

Jumat, 27 Oktober 2023 - 01:16 | 40.83k
Ilustrasi wanita pakai kacamata. (FOTO: unsplash.com)
Ilustrasi wanita pakai kacamata. (FOTO: unsplash.com)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kamu bingung saat harus memilih kacamata yang sesuai dengan kebutuhanmu? Dalam dunia mode dan gaya hidup, kacamata bukan hanya alat koreksi penglihatan, tetapi juga aksesori yang mempengaruhi penampilan Anda. Tips ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara memilih kacamata yang cocok buat kamu, dari aspek fungsional hingga estetika.

Mengapa Memilih Kacamata yang Tepat Penting?

Kacamata adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang. Selain sebagai alat koreksi penglihatan, kacamata juga dapat melindungi mata kamu dari sinar UV dan memperkuat gaya pribadi kamu. Oleh karena itu, penting untuk memilih kacamata yang sesuai dengan kebutuhanmu. Di bawah ini adalah panduan langkah demi langkah untuk memilih kacamata yang tepat:

1. Periksa Mata Dulu

Langkah pertama dalam memilih kacamata yang tepat adalah memeriksa mata. Kamu harus menjalani pemeriksaan mata oleh seorang profesional kesehatan mata, seperti optometris atau oftalmologis. Hasil pemeriksaan ini akan memberi tahu tentang jenis kacamata yang kamu butuhkan Apakah itu untuk rabun jauh, rabun dekat, astigmatisme, atau masalah penglihatan lainnya.

2. Pilih Jenis Lensa yang Tepat

Berdasarkan hasil pemeriksaan mata, kamu akan tahu jenis lensa yang diperlukan. Kamu dapat memilih antara lensa tunggal, lensa multifokal, lensa tipe kaca atau plastik, dan lensa dengan perlindungan UV. Pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mata untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

3. Pertimbangkan Bentuk Wajahmu 

Bentuk wajah akan memengaruhi jenis bingkai yang paling cocok. Sebagai panduan umum:

  • Untuk wajah oval, hampir semua jenis bingkai akan cocok.
  • Wajah berbentuk bulat akan terlihat baik dengan bingkai yang lebih tegas dan sudut.
  • Wajah berbentuk segitiga terbalik cocok dengan bingkai yang lebih lebar di bagian atas.
  • Wajah berbentuk persegi bisa memilih bingkai yang sedikit lebar dan bulat.

4. Sesuaikan dengan Gaya Pribadi Kamu

Selain aspek fungsional, kacamata juga merupakan aksesori mode yang dapat mencerminkan gaya pribadi. Pilih bingkai dan warna yang sesuai dengan gayamu. Kamu dapat memilih bingkai yang minimalis dan klasik atau bingkai yang lebih berani dan modis, tergantung pada preferensi kamu.

5. Perhatikan Kualitas dan Merek

Kacamata adalah investasi jangka panjang, jadi penting untuk memperhatikan kualitas. Pilih bingkai dan lensa yang tahan lama dan nyaman. Selain itu, memilih merek tertentu dalam industri kacamata bisa menjadi pilihan yang baik, karena mereka umumnya menawarkan produk berkualitas tinggi.

6. Uji Kacamata Kamu

Sebelum membeli kacamata, pastikan untuk mengujinya. Pastikan kacamata cocok dengan benar, dan kamu merasa nyaman saat menggunakannya. Anda juga perlu memeriksa penglihatan kamu untuk memastikan bahwa kacamata tersebut memenuhi kebutuhanmu.

Done... Kamu sudah pilih kacamata yang tepat.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES