Gaya Hidup

5 Poin Penting Wajib Diketahui Sebelum Serah Terima Rumah Baru

Minggu, 29 Oktober 2023 - 03:19 | 46.13k
Ada beberapa hal yang perlu diperiksa ketika akan menerima rumah baru untuk memastikan rumah memenuhi standar kualitas yang dijanjikan. (Kementrian PUPR)
Ada beberapa hal yang perlu diperiksa ketika akan menerima rumah baru untuk memastikan rumah memenuhi standar kualitas yang dijanjikan. (Kementrian PUPR)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Membeli rumah baru adalah pencapaian besar dalam hidup Anda, tetapi sebelum Anda resmi memiliki kunci, ada tahap serah terima yang krusial. Serah terima adalah momen kunci di mana rumah benar-benar menjadi milik Anda. Namun, sebelum ini terjadi, ada beberapa hal yang perlu Anda periksa untuk memastikan rumah memenuhi standar kualitas yang dijanjikan.

Ini adalah lima poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum serah terima rumah baru, menurut Gravel seperti dilansir Antara:

1. Dokumen dan Kontrak
Periksa semua dokumen pembelian, termasuk akta kepemilikan, akta jual beli, dan perjanjian tertulis lainnya. Pastikan semuanya sesuai dengan kesepakatan dan tidak ada perbedaan mencolok. Periksa juga janji pemilik sebelumnya atau pengembang mengenai peralatan dan fasilitas yang harus ada. Jika ada ketidaksesuaian, bicarakan dengan pihak berwenang sebelum serah terima.

2. Kualitas Bangunan
Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kualitas bangunan, termasuk dinding, atap, lantai, dan plafon. Cari tanda-tanda kerusakan atau retakan yang signifikan. Periksa instalasi listrik, air, dan gas. Uji saklar, stop kontak, dan kran untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Selain itu, periksa kualitas finishing rumah, seperti cat dinding, lantai, keramik, dan perabotan sesuai kontrak.

3. Drainase dan Sanitasi
Drainase yang efisien penting untuk mencegah masalah kebocoran dan kerusakan akibat air. Periksa saluran air, saluran pembuangan, dan toilet untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Pastikan tidak ada masalah kebocoran atau penyumbatan yang dapat mengganggu kenyamanan di rumah baru.

4. Izin dan Sertifikat
Sebelum menerima kunci, pastikan rumah telah memenuhi semua peraturan dan perizinan yang diperlukan. Anda harus menerima semua sertifikat yang sesuai, seperti sertifikat izin mendirikan bangunan (IMB), sertifikat lingkungan, atau sertifikat lain yang diperlukan sesuai regulasi daerah. Izin dan sertifikat yang lengkap memberikan kepastian bahwa rumah Anda dibangun dan dioperasikan secara sah.

5. Pemahaman Biaya Tambahan
Selain biaya pembelian rumah, ada biaya tambahan yang mungkin akan muncul. Biaya ini meliputi pemeliharaan bulanan atau tahunan, pajak properti, asuransi, dan biaya kepemilikan rumah lainnya. Memahami dan merencanakan anggaran untuk biaya-biaya ini adalah bagian penting dari persiapan Anda sebagai pemilik rumah baru.

Bagi yang merasa kesulitan dalam memeriksa rumah, jasa surveyor profesional dapat membantu. Ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa rumah baru Anda memenuhi ekspektasi dan kualitas yang diharapkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES