Gaya Hidup

8 Makanan Penyebab Jerawat, Nomor 6 Paling Favorit

Rabu, 01 November 2023 - 06:00 | 52.05k
Ilustrasi. Makanan tinggi gula yang merupakan salah satu penyebab jerawat di kulit. (Foto: Freepik)
Ilustrasi. Makanan tinggi gula yang merupakan salah satu penyebab jerawat di kulit. (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Munculnya jerawat disebabkan beberapa hal. Salah satu penyebab jerawat adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan diketahui memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih sehingga dapat menimbulkan jerawat pada kulit.

Berikut ini makanan penyebab jerawat yang harus dihindari atau dibatasi agar wajah dan badan bebas jerawat.

1. Produk olahan susu

Olahan susu memang dianggap sebagai salah satu produk makanan yang punya banyak manfaat. Sayangnya, sejumlah produk kadang diberi gula tambahan sehingga bisa menimbulkan jerawat.

2. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji juga menggunakan banyak minyak dalam proses pembuatannya. Kandungan lemak yang sangat tinggi dalam makanan cepat saji dikabarkan akan mendorong munculnya jerawat.

3. Makanan mengandung Omega-6

Ketidakseimbangan antara omega-6 dan omega-3 di dalam tubuh berisiko menimbulkan masalah kesehatan tertentu, salah satunya adalah jerawat. Hal ini dikarenakan asupan omega-6 berlebih memicu terjadinya peradangan yang memperburuk jerawat.

4. Whey

Whey protein adalah jenis pangan yang didapatkan dari sisa susu dalam produksi keju. Whey protein mengandung protein yang tinggi sehingga sering dikonsumsi untuk menambah massa otot. Namun, whey protein yang dikonsumsi berlebihan berisiko menimbulkan jerawat pada kulit.

5. Makanan yang terbuat dari tepung dan gula rafinasi

Tepung dan gula rafinasi ini akan sangat cepat diserap sehingga meningkatkan kadar gula dalam darah. Hal ini akan memicu insulin untuk lebih cepat keluar sekaligus mendorong jerawat.

6. Cokelat

Sebuah penelitian di tahun 2013 menunjukkan bahwa konsumsi coklat dapat memengaruhi keseimbangan sitokin tubuh, senyawa tersebut berperan dalam peningkatan peradangan pada jerawat.

7. Makanan tinggi karbohidrat

Asupan tinggi gula merupakan jenis sajian yang memiliki indeks glikemik tinggi sehingga memicu tubuh untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah banyak. Insulin dapat membuat hormon androgen di dalam tubuh menjadi lebih aktif sehingga meningkatkan produksi sebum pada kulit. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan kemunculan jerawat.​

Itulah tujuh makanan penyebab jerawat. Batasi konsumsi makanan di atas dan selalu jaga kebersihan agar jerawat tak muncul lagi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES