Gaya Hidup

Timo Scheunemann Ajak Galakkan Penghijauan Begini Alasannya

Rabu, 22 November 2023 - 13:21 | 42.07k
Timo Scheunemann saat mengamati sebuah miniatur perbukitan bergaya Tiongkok lengkap dengan bangunan tradisional, kolam ikan dan kabut yang meleleh.(FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)
Timo Scheunemann saat mengamati sebuah miniatur perbukitan bergaya Tiongkok lengkap dengan bangunan tradisional, kolam ikan dan kabut yang meleleh.(FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pelatih sepak bola yang juga aktor Indonesia, Timo Scheunemann mengajak masyarakat kembali menggalakkan penghijauan di lingkungan masing-masing.

"Itu menurut saya sangat penting, kalau kita sepakat menginginkan kita ingin lingkungan kita sehat dan bermanfaat buat kita," kata Timo yang ditemui saat menghadiri acara pindah syarat seorang pengusaha di Jalan Istana Dieng Kota Malang, Selasa (21/11/2023) malam.

"Kini yang penting itu adalah bagaimana kita menjaga udara di sekitar kita  sehat untuk kita nikmati. Udara sehat itu penting untuk keberlangsungan hidup kita," tutur mantan Kepala Bidang Pembinaan Pemain Usia Dini PSSI ini.

Timo Scheunemann juga punya prinsip dalam menghadapi semakin panasnya bumi ini yaitu "satu orang satu pohon".

Karena itu ia mengajak masyarakat untuk menggalakkan penghijauan. "Minimal di sekitar rumah kita sendiri-lah, sebisa kota dengan tanaman yang sederhana, asal ada kemauan dan tidak harus seperti di rumah ini," kata pria berkebangsaan Indonesia-Jerman itu.

Rumah pengusaha di Jl Istana Dieng yang dilihat Timo itu memang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi lingkungan ideal yang memang dibutuhkan. Namun tidak bisa ditiru persis karena selain biayanya mahal, juga penggarapannya yang luar biasa harus mendatangkan master aquascape kelas dunia.

"Tidak harus seperti ini, karena ini sulit dan mahal. Ada kabutnya segala, wah tambah bagus. Bagi saya yang hidup di kota Batu telah sering melihat kabut, tapi bagi orang kota Malang mungkin jarang, sehingga harus dibuat kabut sendiri seperti ini dan ini luar biasa," kata pria kelahiran Kediri, 29 November 1973 ini.

"Perpaduan antara kolam ikan, air mengalir dan kabut, apalagi dengan konsep mini perbukitan lengkap dengan akar-akarnya yang menonjol memang menjadi semakin bagus," tambah Timo.

Begitu juga penilaiannya tentang konsep hutan tropis, menurut Timo kaya akan berbagai macam tanaman. "Vegetasinya lain daripada yang lain. Ini menarik dan luar biasa," ujarnya.

Ia mengaku sempat menikmati hutan tropis yang dibuat di halaman tengah rumah itu dengan berbagai jenis tanaman dengan bunga berwarna warni, kolam mengalir penuh ikan, ada hujan dan juga kabut beraroma serai atau atsiri.

"Jelas dengan warna biru, hijau akan membuat kita tenang dan senang. Karena itu orang Indonesia senang-senang semua. Melihat hijaunya gunung, melihat birunya laut. Ditambah kopi kita enak-enak. Jadi kita sebenarnya menjadi bangsa yang bahagia," kata Timo Scheunemann yang juga pernah melatih timnas sepak bola putri Indonesia di Pesta Olahraga Asia Tenggara tahun 2009 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES