Gaya Hidup

Mengamati Kelezatan Kuliner Rumput Laut di Berbagai Belahan Dunia

Jumat, 24 November 2023 - 00:11 | 49.14k
Mis Soup ala Jepang. (Foto: Sentelia/Freepik)
Mis Soup ala Jepang. (Foto: Sentelia/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dunia kuliner menyuguhkan keberagaman yang memikat, dan salah satu bahan makanan yang semakin mendapat perhatian adalah rumput laut. Bahan ini mungkin sedikit asing bagi beberapa orang namun dengan pengolahan yang tepat akan menjadihidangan lezat yang siap disntap oleh keluarga. 

Dipandang sebagai superfood yang kaya nutrisi, rumput laut bukan hanya menjadi makanan lezat, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Mari kita eksplorasi lebih dalam berbagai hidangan dari berbagai belahan dunia yang memanfaatkan keunikan rumput laut.

1. Jepang: Sushi dan Miso Soup

Jepang, negeri sakura, dikenal sebagai pelopor dalam penggunaan rumput laut dalam kuliner. Sushi, hidangan ikonik Jepang, tidak hanya menggunakan nasi dan ikan, tetapi sering dibungkus dengan nori (lembaran rumput laut kering) yang memberikan cita rasa gurih dan tekstur yang khas.

Selain itu, Miso Soup, sup tradisional Jepang, sering diberi sentuhan khas dengan tambahan wakame, jenis rumput laut berwarna hijau, yang tidak hanya menambahkan rasa, tetapi juga memberikan nutrisi ekstra.

2. Korea: Kimbap dan Miyeokguk

Di Korea, rumput laut dikenal dengan sebutan gim. Kimbap, versi Korea dari sushi, bukan hanya dibungkus dengan lembaran gim, tetapi juga terkadang diisi dengan rumput laut yang memberikan rasa laut yang segar.

Miyeokguk, sup rumput laut miyeok, selain memberikan rasa yang lezat, juga dianggap sebagai makanan yang baik untuk kesehatan, terutama bagi ibu setelah melahirkan.

3. Indonesia: Es Buah Rumput Laut

Indonesia memperkenalkan minuman unik yang memikat hati baik penduduk lokal maupun turis asing. Es buah rumput laut namanya. Menggabungkan kelezatan alami buah-buahan segar dengan manfaat nutrisi rumput laut, es buah ini menawarkan rasa tradisional Indonesia yang unik dan mendinginkan tenggorokan.

4. Skotlandia: Dulse sebagai Camilan

Di Skotlandia, rumput laut dulse sering dijual sebagai camilan kering. Harganya dapat bervariasi tergantung pada kuantitas dan kualitasnya. Dulse memiliki cita rasa gurih yang unik dan kenyal, menjadikannya pilihan camilan yang menyehatkan.

5. Peru: Ceviche dengan Alga Laut

Ceviche, hidangan segar dari Peru, sering disajikan dengan alga laut. Meskipun harga alga laut dapat bervariasi, penggunaannya dalam hidangan ceviche memberikan tambahan nilai nutrisi dan cita rasa laut yang khas.

6. Irlandia: Carrageen Moss Pudding

Irlandia memiliki hidangan penutup yang menggunakan rumput laut, yaitu Carrageen Moss Pudding. Meskipun harga bahan-bahan untuk membuat puding ini mungkin terjangkau, hidangan ini memiliki nilai sejarah dan tradisi yang tinggi di Irlandia.

7. Amerika Serikat: Seaweed Snacks

Di Amerika Serikat, seaweed snacks menjadi tren populer. Harganya bervariasi tergantung pada merek dan kemasannya. Sebagai camilan sehat yang ringan, seaweed snacks menjadi pilihan bagi mereka yang mencari alternatif yang lezat dan rendah kalori.

Dari Jepang hingga Amerika Serikat, rumput laut telah menjadi bagian integral dari kuliner global. Selain citarasa yang unik, penggunaan rumput laut juga mencerminkan keberlanjutan dan keanekaragaman dalam pangan.

Seiring kesadaran akan manfaat kesehatan rumput laut yang semakin meningkat, dapat dipastikan bahwa peran bahan makanan ini dalam hidangan global akan terus berkembang. Mari nikmati kelezatan dan manfaat kesehatan dari hidangan-hidangan rumput laut yang beraneka ragam ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES