Gaya Hidup

Fakta Menarik Pulau Jeju yang Kerap jadi Latar Lokasi Drakor

Sabtu, 02 Desember 2023 - 10:04 | 64.03k
Pulau Jeju menjadi latar drakor terbaru Ji Chang Wook dan Shin Hye Sun (Foto: twitter/kenterinEN)
Pulau Jeju menjadi latar drakor terbaru Ji Chang Wook dan Shin Hye Sun (Foto: twitter/kenterinEN)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPulau Jeju atau Cheju, salah satu pulau terbesar di Korea Selatan. Sekalipun belum pernah mengunjungi Pulau Jeju, penggemar drakor atau drama Korea tentunya sudah tak asing ya

Sebabnya pulau cantik ini sering menjadi lokasi syuting drama Korea. Terbaru ada Welcome to Samdalri yang dibintangi Ji Chang Wook dan Shin Hye Sun. Pada teaser yang sudah dirilis, ditampilkan keindahan Pulau Jeju. 

Dilansir dari Britanica, Jeju adalah pulau dengan kerajaan merdeka yang disebut T'amna. Pada zaman Dinasti Goryeo (935-1392) dan Dinasti Joseon (1392-1910) pulau Jeju dijadikan tempat pengasingan politik. 

Orang barat pertama yang menemukan Jeju adalah pelaut asal belanda bernama Hendrik Hamel. Dia mengenalkan jeju dengan nama Quelpart. 

Pada Perang Dunia II Pulau tersebut juga menjadi rebutan, baik oleh Jepang dan Korea. 

Kini Jeju menjadi satu-satunya pulau berstatus provinsi yang dapat mengatur pemerintahannya sendiri. Pulau ini terdiri dari Provinsi Jeju dan Seogwipo, serta terdapat dua kabupaten, Bukjeju dan Namjeju.

Syuting-Drama-Our-Blues.jpgPulau Jeju, lokasi syuting drakor 'Our Blues'. (Foto: TVN)

Nah berikut beberapa fakta menarik tentang Pulau Jeju. 

1. Situs Warisan Dunia UNESCO

Pulau vulkanik Jeju dan tabung lava ditetapkan sebagai situs warisan Dunia UNESCO. Situs ini dikenal arena kecantikannya, di mana dinding atap dan lantai karbonat berwana warni, dinding lavaberwarna gelap dan kerucut muncul di laut. 

2. Pendiri Jeju manusia setengah dewa

Mitos yang beredar di warga lokal, Jeju didirikan oleh manusia setengah dewa bernama Go, Ryang dan Bu. Warga percaya, ketiga dewa ini muncul dari lubang tanah kemudian menjadi pendiri kerajaan Tamna. 

Mitos tersebut pernah dibuat versi dramanya, berjudul Island yang diperankan Cha Eun Woo, Lee Da hee dan kim Nam Gil.

3. Patung kakek batu yang ikonik

Patung-kakek-batu-yang-ikonik.jpgFoto: Visitkorea

Salah satu yang ikonik di pulau Jeju adalah patung kakek batu. Patung tersebut dikenal dengan nama dol hareubang. 

Patung yang diperkirakan muncul pada abad ke- 18 itu merupakan perwujudan dewa perlindungan dan kesuburan. 

Patung ini juga muncul dalam drakor Island lho. 

4. Penganut matriarkal

Penganut-matriarkal.jpgFoto: TVN Via dreamers

Jika Anda pernah nonton drama Our Blues, pasti agak heran melihat para perempuan bekerja menyelam ke laut untuk mengambil abalon dan rumput laut. 

Iya memang begitu, warga jeju menganut matriakal, di mana perempuan adalah kepala keluarga sekaligus penganggung jawab keluarga, termasuk dalam mencari nafkah. 

Haenyeo atau perempuan Jeju yang bekerja sebagai pencari abalon, bisa menyelam hingga kedalaman 10 meter tanpa bantuan tabung oksigen. Kerennya lagi haenyeo ini bukan perempuan usia produktif sajam tapi banyak yang sudah berumur juga.

5. Warga yang ramah 

Warga-yang-ramah.jpgFoto: TVN Via dreamers

Pulau Jeju juga dikenal dengan warga yang ramah. Keramahan itu juga tampak di berbagai drakor. Kehangatan warga Jeju digambarkan dalam drama Our Blues. 

Pada drama omnibus ini tampak kehangatan para haenyeo saat bekerja, atau suasana pasar yang riuh saking akrabnya pengunjung dan pedagang.  

Wah jadi ingin berwisata ke Pulau Jeju ya TIMES Lovers. Tenang, Ji Chang Wook dan Shin Hye Sun ngajakin drakor lovers ke Pulau Jeju lewat drama terbaru mereka Welcome to Samdalri. Tayang di Netflix mulai malam ini ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES