Gaya Hidup

Liburan Tahun Baru: Tips Hemat dan Meriah ala Ning Lia Istifhama

Rabu, 27 Desember 2023 - 08:38 | 34.75k
Dr Lia Istifhama. (Foto: Dok TI)
Dr Lia Istifhama. (Foto: Dok TI)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Liburan Tahun baru sering kali diidentikkan dengan perayaan meriah yang menguras kantong. Namun, Dr. Lia Istifhama, aktivis perempuan Jatim dan calon senator Jatim (DPD RI) Nomor 12, berbagi kiat-kiat liburan hemat yang tidak mengurangi esensi perayaan. Berikut adalah beberapa tips dari Ning Lia:

Rencanakan dari Awal

Mulailah dengan merencanakan liburan Anda jauh-jauh hari. Penentuan destinasi, transportasi, dan akomodasi lebih awal sering kali dapat membantu Anda mendapatkan harga yang lebih murah.

"Pertimbangkan untuk merayakan di rumah atau mengunjungi tempat-tempat liburan lokal yang tidak memerlukan biaya transportasi yang besar," pesannya.

Buat Anggaran dan Patuhi

Tentukan berapa banyak uang yang dapat Anda alokasikan untuk liburan. Buatlah daftar prioritas pengeluaran dan hindari pembelian impulsif.

Gunakan aplikasi keuangan atau lembar kerja untuk memonitor pengeluaran Anda selama liburan.

Manfaatkan Promo dan Diskon

Perhatikan promo dan diskon yang ditawarkan oleh berbagai platform perjalanan atau e-commerce. Jangan lupa untuk membandingkan harga sebelum melakukan pembelian.

Bergabunglah dengan komunitas penghematan atau grup sosial media yang sering berbagi info promo dan diskon.

DIY (Do It Yourself) untuk Dekorasi dan Hidangan

Buat dekorasi tahun baru Anda sendiri dengan bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Ini tidak hanya menghemat biaya tetapi juga menciptakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga.

"Siapkan hidangan tahun baru di rumah. Memasak bersama keluarga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus menghemat biaya makan di luar," tuturnya.

Hiburan Hemat di Rumah

Rencanakan aktivitas yang menyenangkan di rumah seperti menonton film, bermain permainan, atau membuat acara karaoke keluarga.

Gunakan platform digital untuk berkumpul secara virtual dengan teman dan keluarga yang tidak bisa bergabung langsung.

Pilih Hadiah yang Berarti

Hadiah tidak harus mahal untuk berkesan. Pertimbangkan untuk membuat hadiah sendiri atau memberikan pengalaman yang berharga seperti waktu berkualitas bersama.

Liburan Sosial

Pertimbangkan untuk menghabiskan waktu liburan dengan berpartisipasi dalam kegiatan sosial atau komunitas. Ini bisa menjadi cara yang bermanfaat untuk merayakan sambil memberikan kembali kepada masyarakat.

Ning Lia juga menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara merayakan dan menjaga keuangan. 

"Perayaan tahun baru harusnya membawa kebahagiaan, bukan beban finansial. Dengan perencanaan yang matang dan sedikit kreativitas, kita bisa membuat liburan tahun baru yang hemat namun tetap meriah," ujarnya.

Dengan mengikuti tips dari Dr. Lia Istifhama, Anda dapat menjadikan liburan tahun baru Anda tidak hanya meriah tetapi juga ekonomis. Merayakan bukan berarti harus boros. Dengan sedikit perencanaan dan kreativitas, setiap momen bisa menjadi istimewa dan tak terlupakan. Selamat merencanakan liburan tahun baru Anda! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES