Gaya Hidup

Pencernaan Sehat: Begini Caranya Menurut Dr. Tim Spector

Kamis, 25 Januari 2024 - 03:12 | 24.62k
Bahan-bahan makanan segar untuk mendukung pencernaan sehat. (Foto: Freepik)
Bahan-bahan makanan segar untuk mendukung pencernaan sehat. (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPencernaan sehat tidak hanya memainkan peran penting dalam kenyamanan sehari-hari. Kesehatan salah satu organ tubuh terseubt berdampak besar pada kesehatan secara keseluruhan.

Dr. Tim Spector, seorang epidemiologis asal Inggris dan salah satu pendiri perusahaan nutrisi Zoe yang mengkaji mikrobioma usus, membagikan pandangan dan prinsip-prinsipnya melalui Business Insider. Dirinya memberikan tips mudah ntuk merawat kesehatan saluran pencernaan.

"Kuncinya adalah makanan rumahan sederhana buatan sendiri," begitu ungkapnya melalui postingannya di Instagram. 

Menurutnya ada 5 hal sederhana yang wajib dilakukan agar bagian tubuh yang digunakan untuk memproses makanan tersebut tetap sehat. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang lima prinsip yang disarankan olehnya:

1. Makan 30 Jenis Tanaman Setiap Minggu

Konsumsi beragam jenis tanaman setiap minggu adalah kunci untuk memberikan nutrisi yang beragam kepada mikrobioma usus. Buah, sayur, dan biji-bijian mengandung serat, vitamin, dan mineral yang esensial untuk mendukung fungsi usus yang optimal.

2. Makan Makanan Warna-warni

Prinsip ini menekankan pentingnya konsumsi makanan dengan berbagai warna. Setiap warna makanan menyediakan berbagai jenis nutrisi dan senyawa antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

3. Konsumsi Makanan Fermentasi Setiap Hari

Makanan fermentasi mengandung bakteri baik yang memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan mikrobioma usus. Yogurt, kimchi, atau tempe adalah pilihan makanan fermentasi yang dapat memberikan manfaat positif untuk pencernaan.

4. Berikan Istirahat pada Pencernaan

Memberikan waktu istirahat antara waktu makan adalah kebijakan yang cerdas. Ini memberikan kesempatan bagi tubuh untuk fokus pada proses pencernaan tanpa terganggu oleh aktivitas lain. Istirahat setelah makan dapat membantu mencegah masalah pencernaan seperti rasa kembung atau asam lambung.

5. Kurangi Konsumsi Makanan Kemasan dan Siap Saji

Makanan siap saji seringkali mengandung bahan tambahan dan pemanis buatan yang dapat merusak keseimbangan mikrobioma usus. Mengurangi konsumsi makanan ini tidak hanya mendukung pencernaan tetapi juga dapat mengurangi risiko penyakit terkait pola makan tidak sehat.

Dengan mengikuti prinsip-prinsip sederhana ini, kita dapat memberikan perhatian khusus pada kesehatan mikrobioma usus. Menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi.

Hal tersebut juga kana berpengaruh pada meningkatnya sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Secara keseluruhan, upaya kecil untuk memperbaiki pola makan dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan pencernaan. Tentunya hal ini akan juga berdampak pada kesehatan secara menyeluruh.

Oleh karena itu, menjadikan prinsip-prinsip ini sebagai panduan dalam kehidupan sehari-hari adalah langkah positif menuju menjaga pencernaan sehat. Kondisi tersebut akan mendukung kesehatan tubuh secara optimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES