Gaya Hidup

Masjid Wilayah Persekutuan Malaysia: Wujud Kebhinekaan Kuala Lumpur

Rabu, 20 Maret 2024 - 01:30 | 29.05k
Masjid Wilayah Persekutuan Malaysia. (FOTO: Oktan4eg/Freepik)
Masjid Wilayah Persekutuan Malaysia. (FOTO: Oktan4eg/Freepik)

TIMESINDONESIA, MALAYSIA – Di tengah pusat kota Kuala Lumpur, berdiri sebuah monumen spiritual yang memancarkan keindahan dan kearifan Islam. Masjid Wilayah Persekutuan namanya.

Juga dikenal sebagai Masjid Wilayah, tempat ibadah ini tak hanya menjadi pusat spiritual, tetapi juga menjadi lambang kebanggaan bagi warga Malaysia atas warisan keagamaan dan keindahan arsitektural mereka.

Masjid Wilayah Persekutuan, selesai dibangun pada tahun 2000. Tempat ini memadukan kekayaan tradisi arsitektur Islam dengan kemajuan teknologi modern.

Desainnya, yang dipimpin oleh arsitek terkemuka Malaysia, Hajeedar Abdul Majid, menggabungkan elemen-elemen klasik seperti kubah dan menara dengan sentuhan inovatif. Bentuk desain tersebut memberikan kesan kesederhanaan dan keanggunan.

Salah satu ciri khas Masjid Wilayah Persekutuan adalah kubahnya yang megah, yang menjulang tinggi dan menawan hati setiap pengunjung. Dihiasi dengan kaligrafi dan motif Islam yang rumit, kubah ini melambangkan kebesaran Tuhan dan menjadi titik fokus dalam desain arsitektural masjid ini.

Di samping itu, empat menara yang menjulang tinggi memberikan kesan keanggunan yang memukau. Hal tersebut memperkuat identitas masjid ini sebagai bagian tak terpisahkan dari lanskap kota Kuala Lumpur.

Nuansa Damai dan Tenang

Masjid Wilayah Persekutuan bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga merupakan tempat yang menawarkan kedamaian bagi jiwa yang gelisah. Dikelilingi oleh taman yang hijau dan kolam yang tenang, masjid ini memberikan suasana yang tenang dan damai bagi para pengunjungnya.

Ruang shalat yang luas dan terang benderang menciptakan lingkungan yang kondusif untuk beribadah dan merenung. Cahaya yang masuk ke seluruh sudut ruangan membawa ketenangan tersendiri bagi para jamaah.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Wilayah Persekutuan juga menjadi pusat kegiatan sosial dan keagamaan. Berbagai program seperti pengajian, pelatihan keagamaan, dan kegiatan amal rutin diadakan di sini.

Kegiatan-kegiatan tersebut membawa jamaah lebih dekat satu sama lain dan menguatkan ikatan kebersamaan dalam kerangka kebaikan dan kedermawanan.

Cerminan Keberagaman Malaysia

Sebagai negara dengan masyarakat yang beragam secara etnis dan keagamaan, Masjid Wilayah Persekutuan mencerminkan semangat keberagaman Malaysia. Dalam pelukannya, semua orang, tanpa memandang latar belakang atau kepercayaan, diterima dengan hangat dan diberi kesempatan untuk mengalami keindahan spiritualitas Islam.

Dengan keindahan dan keanggunannya, tempat ibadah ini menjadi lambang dari semangat kemajuan dan kerukunan yang dimiliki oleh Malaysia. Melalui keberadaannya yang anggun dan aura spiritualnya, masjid tersebut terus menginspirasi jutaan orang.

Deng pesan perdamaian, toleransi, dan persatuan yang kuat Masjid Wilayah Persekutuan menjadi simbol kekuatan Malaysia di tengah keragaman dunia yang terus berubah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES